Ini adalah terusan dari tulisan 10 Larangan Bagi Seorang Mobile Apps Developer. Sebelum masuk ke nomor pertama, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa Google Play didesain untuk bisa mendukung dalam mendistribusikan berbagai macam aplikasi yang berkualitas. Google sendiri memberikan beberapa kiat untuk meningkatkan download, meningkatkan rating score, dan peringkat. Serta memunculkan lebih sering dihalaman Rekomendasi atau bahkan bisa di promosikan oleh Google.Nah, rahasianya ada dibawah ini :

Untuk bisa mencapai tujuan yang di impikan semua developer yaitu lebih terekspos di google play , anda sebagai dev android perlu memperhatikan 10 rahasia para developer ini.

Optimalkan Desain Aplikasi

Salah satu yang dapat mempengaruhi meningkat atau tidaknya aplikasi di Google Play adalah dengan cara mengoptimalkan secara maksimal desain aplikasi, Misalnya saja mengoptimalkan desain navigasi sesuai guideline Android. Contohnya Desain material, tombol kembali dan bar navigasi.

Aplikasi Yang Bisa Disesuaikan Diberbagai Ukuran Smartphone

Perkembangan smartphone bersistem operasi Android saat ini memiliki perkembangan yang cukup cepat, buktinya yang bermula sebuah hp android dengan ukuran yang kecil yaitu ukuran normal hp pada umumnya sekarang ada berbagai macam ukuran, ada yang lebih lebar, lebih panjang dan besar. Para inovator teknologi disini harus bisa menyesuaikan perkembangan ini. Maka dari itu, developer diminta untuk bisa membuat aplikasi yang semula memiliki ukuran pasti (karena smartphone yang ukuran nya hanya satu ketika itu) menjadi membuat aplikasi yang bisa secara otomatis bisa menyesuaikan layar smartphone yang ada sekarang, kalo dalam dunia desain web disebut dengan responsif.

Login Menggunakan Layanan Dari Google

Untuk aplikasi yang memerlukan login, google sudah menyediakan dan ini bisa memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasinya. Maka disarankan untuk login pengguna apps menggunakan layanan yang disediakan pihak Google untuk bisa mendapatkan statistik pengguna secara komperhensif. Biasanya layanannya bisa menggunakan Google+.

Buat Ukuran File APK Lebih Kecil

Apakah anda pernah membatalkan download aplikasi di Google Play ? jika pernah, apa alasan anda ? Pihak Google sendiri mengatakan kalo kebanyakan orang yang membatalkan download karena ukuran file yang terlalu besar. Ini yang saya rasakan juga ketika mau mendownload apps. Sekarang ini ada yang namanya Android App bundle yang bisa anda manfaatkan untuk mengoptimalkan ukuran aplikasi.

Memiliki Server Yang Tangguh

Sebagian aplikasi memerlukan server untuk bisa menjalankan aplikasi, biasanya aplikasi yang kompleks yang memerlukan server. Jika aplikasi anda menggunakan server untuk penyimpanan data dan lain sebagainya. Tentunya tidak mau jika aplikasi sudah memiliki pengguna yang banyak tapi turun drastis karena respon penga mbilan data dari servernya lambat dikarenakan server kurang tangguh. Maka persiapkan server yang tangguh dan tidak ribet dalam upgrade servernya.

Tes Alfa/BETA

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa saja muncul dalam diri seorang mobile dev adalah terburu-buru dalam pendistribusian aplikasi. Karena ingin secepatnya karya nya mejeng secara publik di Play Store tahapan tes Alfa/Beta seringkali dilewatkan. Padahal tahapan ini sangat penting untuk mendeteksi bug, crash pada sistem apps yang dibuat, sehingga ketika versi resmi Release sudah tidak ada problem sama sekali.

Menguji Desain Icon Aplikasi

Ini sama dengan poin yang menjelaskan tentang mengoptimalkan desian aplikasi, karena saat ini variasi icon pada smartphone/gadget android berbeda ukuran, bentuk dan lain sebagainya. Misalnya untuk smartphone Samsung Galaxy J1 untuk icon apps berbentuk kotak, tetapi untuk samsung M20 berbentuk sedikit bulat. Jadi kita perlu membuat icon agar bisa disesuaikan dengan macam-macam gadget/smartphone.

Deskripsikan Apps Mobile

Google Play sendiri telah menyediakan kolom khusus untuk mendeskripsikan aplikasi mobile agar banyak orang yang tertarik dengan aplikasi karya kita, anda bisa mendeskripsikan aplikasi dengan menambahkan screenshot aplikasi, video demo atau video paparan tentang manfaat dari aplikasi yang kita suguhkan.

Pelajari Setiap Ulasan dan Tingkah Laku Pengguna

Pelajari semua ulasan dari pengguna, rating, komentar dan tingkah laku pengguna seperti menambah dan berkurang nya pengguna, periode uninstall. Semuanya anda pelajari, lalu perbaiki dan tingkatkan performa aplikasinya berdasarkan dari data tersebut.

Dorong Pengguna Agar Berpartisipasi Terhadap Aplikasi Kita

Ajak pengguna untuk bisa ikut berpartisipasi terhadap kemajuan aplikasi kita, ajak mereka untuk membagikan ulasan, membagikan link download, merekomendasikan aplikasi ke teman-teman dan kerabatnya serta memberikan rating terhadapa aplikasi kita. Pokoknya buatlah fitur yang bisa mengundang hal tersebut, fitur yang membuat pengguna ikut andil tanpa paksaan untuk menyarankan aplikasi kita.