Semenjak pandemi, semua sekolah sepertinya memberlakukan belajar-mengajar secara online atau kita menyebutnya daring. Tidak terkecuali ekskul, semua ekskul yang ada di sekolah dilaksanakan secara daring. Tidak sedikit juga yang bertanya bagaimana cara saya mengajar ekskul web programming secara daring.

Sebenarnya salah satu tools yang saya bahas ada di sini. meskipun tidak semua dibahas disana. Hanya satu tools yang saya bahas disana. Sebanarnya ada banyak tools yang bisa digunakan ketika belajar – mengajar secara daring salah satunya adalah tools yang saya pakai.

Tulisan ini saya buat untuk menceritakan tools apa yang saya gunakan untuk menunjang belajar-mengajar secara daring. Perlu dicatat bahwa semua ini adalah preferensi saya, jadi kamu boleh setuju atau tidak dengan yang saya bahas disini.

Blog

Tools yang pertama saya bahas adalah blog, karena sejauh dari pengamatan saya selama ini blog tidak menyulitkan siswa dalam belajar sekalipun koneksi sedang tidak terlalu stabil, sepengalaman saya blog tetap bisa di akses, berbeda jika menggunakan video conference biasanya jika internet kurang stabil suara akan hilang sehingga suara pemateri tidak terdengar dan gambar akan buram, masih banyak gangguan yang lainnya.

Justru dengan blog siswa akan di paksa untuk membaca tulisan dari materi yang saya buat, sehingga dibiasakan untuk membaca. Ketika menggunakan blog maka materi bisa dipelajari kapanpun, tidak terikat dengan jadwal (meskipun disarankan ketika pas jadwalnya dipelajari). Tapi, minimal materi bisa dipelajari secara berulang.

Saya pernah membahas tentang blog sebagai platform pembelajaran daring melalui link ini.

Tidak jarang juga bahkan hampir setiap pertemuan saya melibatkan siswa dengan blog, salah satunya yaitu setiap pertemuan saya sampaikan materi di blog, bahkan siswa saya libatkan secara langsung di blog dengan cara memposting setiap Laporan Aktivitas Belajar Secara Daring melalui blog.

Tujuannya adalah agar siswa terbiasa menggunakan blog, tau struktur blog secara umum. Minimal siswa tau dan familiar dengan cara kerja blog karena blog termasuk dari website dan dibuat dengan menggunakan programming website.

Tujuan lainnya yaitu melatih siswa untuk berbagi ilmu yang sudah didapatkan dan melatih siswa untuk membiasakan menulis secara jujur.

Camstudio

Pembelajaran tentang web programming pastinya tidak hanya sebatas teori berupa teks, tapi harus disertai praktek. Berhubung karena pembelajaran dilakukan secara online tentunya kita harus merekam kegiatan menjelaskan web programming sambil praktek yaitu dengan sebuah video.

Disini saya menggunakan Camstudio untuk merekam aktivitas komputer, aplikasi ini cukup bagus untuk digunakan dalam mendukung kegiatan demo coding dan presentasi dalam bentuk video.

Aplikasi ini gratis bisa kamu download langsung di situs resminya https://camstudio.org/ , cara menggunakannya sangat mudah dan file yang dihasilkan berupa file AVI.

Filmora

Saya bukan seorang editor handal dan professional, tapi disini saya menggunakan filmora (lisensi resmi ya no bajakan), saya menggunakan aplikasi ini baru sampai fungsi standar seperti membuat opening sederhana lalu mengkonfres file video nya agar berukuran lebih kecil, karena biasanya video yang dihasilkan dari camstudio itu ukuran nya agak besar.

Jika teman-teman akan menggunakan filmora bisa teman-teman download di situs resminya, di filmora ini selain bisa potong-potong video, tapi fungsi dari aplikasi ini lebih dari itu. Kamu bisa mengedit dari sisi warnanya, misalnya warna nya terlalu gelap bisa di edit disini. Tolong ketika akan menggunakan aplikasi ini, tolong banget jangan pakai yang bajakan ya.