Ide membuat tulisan ini sudah lama sebenarnya, hanya saja saya baru bisa menuliskan nya sekarang ini, saya memiliki seorang kenalan dia adalah seorang digital strategi di sebuah media online nasional di bogor waktu itu saya mengunjungi tempat ia bekerja untuk berdiskusi banyak tentang website dan strategi perusahaan tempat beliau bekerja, beberapa diantara hasil diskusi akan saya rangkum disini, beliau menjelaskan beberapa elemen yang perlu dipikirkan oleh pemilik website/developer untuk menarik pengunjung website mengunjungi website.

Pertimbangan saya ketika membuat website adalah jika saya membuat website dan tidak membuat pengunjung tinggal di website lebih lama maka akan meniadakan konten, iklan, SEO dan upaya pemasaran di media sosial akan tidak berarti sama sekali.

Jika pertimbangan anda dan tujuan anda membuat website sama dengan saya yaitu membuat website agar lebih menarik dan membuat pengunjung betah, anda bisa memperhatikan 5 elemen utama yang perlu anda kerjakan :

Konten

Untuk membuat website menarik adalah buatlah konten yang komunikatif dan mudah untuk ditelusuri.

Menurut Allice Elliot Of Birds on the blog ada 3 hal yang dapat mempengaruhi pengunjung website anda.

  • Penggunaan illustrasi/citra
  • pembahasan padat+singkat
  • Sedikit bercerita yang membuat nyaman

Jangan lupa untuk menggunakan ajakan bertindak yang jelas. ini merupakan salah satu trik agar website anda mudah untuk ditemukan.

Anda membutuhkan fungsi dari strategi SEO, tujuan akhir dari strategi SEO adalah agar konten mudah ditemukan di search engine. Aturan dasar praktis SEO yang saya tau (seo ini menjadi PR terbesar saya ketika mengelola dan membuat website) yaitu backlink dari platform terkemuka, memperbaharui situs secara teratur dan menggunakan kata kunci yang tertarget. Serta pastikan situs website anda tetap aman dari zona spam.

Desain

Desain adalah salah satu elemen yang rumit karena sangat subjektif. ini sangat penting tapi jangan sampai terfokus kepada desain tanpa memperbaharui konten, untuk desain saya jadi teringat sebuah kata-kata, “anda tidak bisa membuat semua orang senang dengan desain anda” jadi daripada melakukan nya hanya fokus di desain lebih baik buatlah desain yang mendukung elemen berharga di situs website anda yaitu konten.

Desain sebuah website yang mendukung konten yang disajikan itu artinya memastikan bahwa konten yang disajikan mudah untuk dibaca. Itu berarti memperhatikan 2 hal yaitu warna dan ruang dengan warna putih. periksa ketika mendesain apakah ada cukup kontras untuk menampilkan konten.

Ruang putih yang saya maksud disini adalah pembatas antara konten dengan konten yang lain. ini penting karena bisa membuat poin-poin konten yang disajikan di situs website anda terlihat lebih menonjol dan semakin membantu pemahaman.

Intinya dalam desain adalah keseimbangan.

Usability

Meskipun desain itu amat penting, situs website tidak harus sangat terlihat cantik untuk menarik pengunjung coba anda lihat Facebook dan Google, bagaimana menurut anda tentang estetika desain website mereka ? mereka membuat desain sesuai dengan kebutuhan.

Menurut konsultan UX, Flow Bhol website yang bisa digunakan adalah website yang memenuhi tujuan dari desain tersebut dan membuat pengalaman pengunjung mengunjungi website lebih baik lagi.

Jadi, apakah ada isyarat secara visual di website dalam membantu pengunjung merasakan lebih mudah ketika membuka website anda ? Apakah sudah membuat pengunjung lebih mudah dalam mencari apa yang mereka cari ? Apakah ada keselarasan dalam gaya visual disetiap halaman di website anda ? Apakah pengunjung bisa kembali ke halaman awal ketika pengunjung mengklik halaman yang salah ?

Jika jawaban untuk semua pertanyaan itu adalah “ya” itu berarti anda sudah memiliki website yang bisa anda gunakan.

Hal lainnya adalah anda bisa menggunakan fungsi integrasi media sosial yang praktis digunakan untuk website anda, navigasi yang mudah dapat menghemat waktu ketika mencari sesuatu.

Kecepatan website

Di internet, setiap hitungan detik itu berharga, pengunjung biasanya akan tidak jadi membuka website jika website tersebut untuk menampilkan halaman nya diatas 3 detik dan mengunjungi website pesaing anda. Kissmetrics sendiri menunjukan hubungan antara kecepatan website dan juga pengabaian halaman.

Setiap detik adalah sesuatu yang berharga, semakin kecil durasi membuka website peluang pengunjung akan betah semakin besar. Salah satu perusahaan hosting murah terbaik yaitu Exabytes Indonesia menempatkan kecepatan website begitu penting sehingga produk-produk hosting yang disediakan perusahaan ini sangat diperhatikan, makanya Exabytes Indonesia menggunakan hard disk SSD untuk menjamin kecepatan.

Responsive

Pengguna internet dengan menggunakan ponsel diperkirakan akan menyalip pengguna komputer desktop, itulah sebabnya kenapa website yang responsive itu begitu penting. Tentu, akan mempermudah Google dalam mendeteksi website anda. Manfaat terbesar dari responsive yaitu ini menjamin pengalaman pengunjung yang luar biasa dan tetap nyaman ketika di akses hanya menggunakan ponsel pintar, kedua memudahkan Google dalam merayapi website anda dan tidak perlu mengindeks beberapa versi dari website anda.

Kesimpulan

Sulit untuk memisahkan antara pengguna dan website anda. Jika anda ingin meningkatkan traffic website anda maka buatlah mereka menyukai website anda terlebih dahulu, memoles kelima elemen ini didalam website anda memang bukan pekerjaan mudah akan tetapi trade-off nya akan sangat besar.