Hampir semua orang ketika memposting sesuatu di medsos entah itu dagangan atau informasi pasti postingan nya tersebut ingin mendapatkan respon misal like, share atau mengomentari. Di postingan kali ini saya akan membagikan apa yang saya tau tentang pembuatan caption yang menarik agar bisa mendapatkan reaksi dan membuat follower anda berinteraksi dengan akun anda.

Buat Caption Dengan Sebuah Tujuan

Saat membuat postingan di medsos pikirkan apa tujuan dari membuat postingan tersebut.

Apakah melalui postingan tersebut anda mencoba terhubung dengan follower anda ? Apakah mereka ingin berinteraksi dengan anda ketika mereka membaca postingan anda ? Apakah ini hanya untuk berbagi informasi saja tanpa ada interaksi ?

Memikirkan alasan dibalik mengapa anda memposting hal tersebut adalah langkah pertama dalam membuat caption.

Mendorong Sebuah Percakapan

Cobalah untuk membuat captions yang bisa mendorong percakapan dan tarik followers anda untuk berinteraksi dengan postingan anda. Misalnya satu kalimat Setelah anak #MenangkanPuasanya, kini saatnya untuk ajak ia kembali aktif dan berolahraga bersama. lalu dilanjutkan dengan sebuah pertanyaan terbuka untuk mendorong interaksi. Misalnya Apa olahraga favorit Ibu dan anak? Share yuk Bu, di kolom komentar!.

Ingat pertanyaan terbuka biasanya akan lebih banyak menimbulkan interaksi.

Ajak Follower Untuk Bertindak (Pada sebuah Postingan acara)

Mengajak follower untuk bertindak bisa menjadi sebuah cara yang sangat hebat untuk membuat caption yang menarik di medsos, selain itu bisa mengundang tindakan. Contoh sederhana nya, anda bisa mengajak follower anda untuk mengunjungi postingan anda yang terbaru di web atau menjawab pertanyaan anda.

Akan tetapi tidak setiap caption membutuhkan ajakan untuk bertindak. Meminta sesuatu kepada follower anda untuk melakukan sesuatu terlalu sering tentu anda akan di unfollow oleh sebagian follower anda. Simple nya begini, apakah anda mau kalo teman anda hanya menginginkan anda untuk melakukan sesuatu untuk teman anda itu ?Berikan follower anda nilai, berikan hiburan yang bisa memunculkan tawa atau kisah inspirasi, memberikan sedikit sesuatu akan mendorong follwer anda memberikan apa yang anda inginkan, misalnya like, share atau follower anda akan berterima kasih dan memberikan pendapat mereka tentang apa yang anda posting.

Tempatkan Diri Anda Sebagai Follower Anda Sendiri

Cara seperti apa yang terbaik untuk membuat media sosial yang menarik ? Salah satu nya ini dengan menempatkan diri anda sebagai follower. Anda bisa mempertimbangkan beberapa pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

1. Mengapa follower saya peduli ?

2. Apakah ada yang ingin saya katakan ketika melihat postingan ini ?

3. Apakah saya akan merespon ketika ada postingan seperti ini ?

4. Apakah saya akan mengganggap postingan ini menarik ?

5. Apakah postingan ini mencerminkan merek saya ?

Jadi Diri Sendiri

Anda harus terlihat menonjol caranya yaitu dengan menjadi diri sendiri (mencerminkan diri sendiri atau merek anda).

Menceritakan Sebuah Kisah

Jika cara diatas masih kurang ampuh mungkin anda bisa mencoba dengan cara ini yaitu dengan menceritakan sebuah kisah yang menarik. Bagikan sebuah kisah perjuangan, atau kisah apapun yang bisa di kaitkan dengan follower anda. Menceritakans sebuah kisah bisa membantu menunjukan kepribadian dan mampu menumbuhkan momen-momen nyata dengan follower.

“Siapapun yang mengerjakan visi besar akan disebut gila…” Itu bukan pernyataan Saya, tapi perkataan Mark Zuckerberg, empunya Facebook, saat memberikan pidatonya di wisuda Harvard beberapa tahun lalu. Jujur, Saya suka. Dan Saya setuju. Tidakkah kita ingat perjuangan Muhammad Al Fatih saat menaklukkan Konstantinopel? Tantangannya besar… Sangat besar. Ia harus berpikir keras bagaimana cara agar bjaa melewati laut dan benteng yang tingginya 18 meter serta harus mengalahkan pasukan konstantinopel yang dikenal sangat kuat itu. Pertanyaannya, apakah Muhammad Al Fatih menyerah? Apakah ia mundur? Apakah ia menarik kembali pasukannya? Oh ternyata tidaaak… Bahkan ketika pasukannya sendiri berkata, “Ah, sepertinya tidak mungkin. Tidak akan berhasil…” Tapi apa yang Muhammad Al Fatih katakan? Ya, maju terus. Lakukan! Seperti yang mungkin Anda tahu, Muhammad Al Fatih mengusulkan “ide gila” saat membobol benteng konstantinopel. Ya, ia mengerahkan pasukannya untuk memindahkan kapal melewati perbukitan Galata agae bisa memasuki titik terlenah Konstantinopel, yaitu Selat Golden Horn. “Tarik kapalnya melalui darat. Kita ajan mendaki bukit karena orang Konstantinopel tidak akan berpikir kalau pasukan Muslim akan melewati bukit”, seru Muhammad Al Fatih. Bayangkan kawan-kawan… Gimana gak crazy, puluhan kapal-kapal dan gallery seolah berlayar di perbukitan dalam 1 malam. GENDENG! Tapi itulah Muhammad Al Fatih… Visinya yang besar untuk bisa menaklukkan Konstantinopel tak membuat semangatnya surut. Terlebih, Rasulullah SAW telah memberikan pesan dalam sebuah hadits: “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baiknya pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baiknya pasukan.” (HR. Ahmad). Coba perhatikan baik-baik… Kalau kita hidup di zamannya, mungkin kitalah yang akan menjadi orang pertama mengecap bahwa Muhammad Al Fatih adalah “Gila”. Lha wong gak masuk akal kok.. Tapi apa yang faktanya terjadi? Konstantinopel berhasil ditaklukkan oleh orang yang dikatain ‘gila’ tersebut. Please tag orang-orang yang menurut Anda punya visi besar & berpikir besar.

Sebuah kiriman dibagikan oleh DEWA SELLING (@dewaekaprayoga) pada

Intinya media sosial itu adalah tentang cara berbicara dengan orang dan membuat mereka berpartisipasi kedalam sebuah percakapan dengan anda, bukan anda berbicara kepada mereka.