Apakah anda pernah bertanya-tanya seorang developer game mendapatkan keuntungan dari mana aja sih ? pertanyaan ini mungkin yang sering ditanyakan ketika seseorang akan masuk ke dunia developer game, untuk menjawab pertanyaan itu saya akan berbagi informasi bagaimana game developer mendapatkan penghasilan serta kekurangan dan kelebihannya.

Menjual Game Premium

Menjual game premium adalah cara umum saat di mulai nya era video game, sebagai developer game akan mendapatkan uang dari game yang terjual, salah satunya contoh nya adalah developer game EA Sport dan Ubisoft. Developer ini telah berhasil mendapatkan banyak uang dari game yang mereka jual.

Kelebihan dari menjual game premium, developer dapat dengan mudah menjaring pemain setia, pemain yang loyal akan benar-benar niat dalam mendukung dan memberi feedback untuk perkembangan game tersebut. Kekurangan nya cara ini kurang cocok untuk gamer kasual yang enggan mengeluarkan uang demi main game.

Project Game Lepas

Cara yang kedua adalah seorang developer game bisa menjadikan sebuah proyek lepas sebagai sumber penghasilan misalnya proyek advergame atau sebuah game yang mengiklankan produk, membuat apps atau mengerjakan desain untuk klien, kelebihan dari cara ini. Kelebihannya lama dari mengerjakan proyek-proyek relatif singkat tetapi karya game yang dibuat developer game hanya akan dikenal dikalangan agensi atau klien, dengan cara ini seorang developer akan sulit untuk memiliki properti game intelektual yang kuat.

Merchandise Game

Cara selanjutnya yaitu seorang developer game bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual merchandise game, dengan cara ini memerlukan karakter atau properti intelektual yang kuat, sebagai contoh kita bisa melihat dari game-game ternama seperti Angry Birds, Final Fantasy, Pokemon Go, Super Mario dan game lainnya. Membuat karakter buatan sendiri agar populer bukan hal yang mudah bagi seorang developer.

Jika cara ini berhasil bisa mendatangkan keuntungan yang besar, tetapi di Google Play Store dan Apps Store banyak studio game yang tidak menggunakan ketiga cara yang saya jelaskan diatas terutama seorang developer game yang merilis game-game nya secara gratis.

Lalu bagaimana caranya mereka mendapatkan penghasilan dari membuat game gratis ? Nanti akan saya bahas di tulisan berikutnya !