Kali ini saya bercerita tentang google yang merupakan perusahaan raksasa yang mendominasi dunia maya dengan segudang produk dan layanan yang bisa mempermudah manusia, seperti mesin pencari google, google chrome, google drive, google maps, sistem operasi android dan masih banyak lagi produk google yang lainnya.

Keberadaan google sudah cukup lama membantu manusia dengan menciptakan produk yang membuat berbagai hal menjadi lebih mudah, hampir semua kemudahan yang disuguhkan google bisa dinikmati secara gratis, Tapi, saat anda menggunakan layanan google secara cuma-cuma tanpa sadar anda membayarnya dengan data pribadi anda, dengan data pribadi anda, google mendapatkan pemasukan agar bisa lebih banyak membantu manusia.

Tapi, bagaimana google sang raksasa perusahaan teknologi ini mendapatkan informasi pribadi anda ? terus bagaimana google bisa melacak setiap aktivitas anda ? Yuk kita bayangkan sejenak, ibaratkan anda baru saja berpindah dari handphone jadul ke handphone smartphone android, disaat anda menyalakan smartphone android anda untuk pertama kalinya saat itulah google mengumpulkan data pribadi anda, anda akan diminta untuk mendaftarkan smartphone android anda ke akun gmail yang akan menjadi gudang dari segala data tentang anda.

Saat anda baru mendaftar atau saat anda masuk ke akun gmail, google sudah mengetahui nama, nomor telpon dan lokasi anda berada, ketika memiliki smartphone baru tentu anda akan menyimpan nomor telpon keluarga, kerabat dan teman anda. Maka google akan menawarkan anda untuk menyimpan nomor telpon tersebut di akun gmail baru anda dan jika anda menyetujuinya semua kontak akan tersimpan di akun gmail.

Dan ketika anda ingin melengkapi smartphone kamu dengan aksesoris misalnya earphone baru maka anda akan membuka google chrome dan mulai googling untuk mencari tentang merk earphone yang bagus, dari sini google dapat mengetahui riwayat pencarian anda, lalu anda sudah menentukan pilihan earphone sesuai dengan yang anda pilih di pusat elektronik yang alamat dan rute tokonya tidak anda ketahui, selanjutnya anda membuka google maps sebagai patokan navigasi anda, maka google dapat melacak lokasi anda dan rute yang anda ambil, sampai ditujuan ternyata anda tidak menemukan barang yang anda cari.

Selanjutnya anda memutuskan untuk membelinya di toko online pilihan anda melalui aplikasi toko online yang baru saja anda download, saat itu juga google tau aplikasi apa yang anda download.

Google akan terus mengidentifikasi dan menyimpan data anda dari seluruh aktivitas yang anda lakukan ketika menggunakan layanan milik google tentu atas ijin anda sebagai pengguna layanan nya.

Ijin ini biasanya akan anda berikan saat anda menggunakan layanan google, mengapa bisa secara otomatis ? karena pada kebijakan privacy nya google menyatakan Saat menggunakan layanan google, anda mempercayakan data kepada kami“.

Tapi, meskipun google mengambil banyak data, google cukup transparan dengan menyediakan tools tentang data apa saja yang google ketahui tentang diri anda.

  • Pertama, google my activity yang bisa menunjukan riwayat pencarian anda, termasuk riwayat yang anda hapus dari browser, dengan tools ini anda juga bisa  mengontrol aktivitas apa saja yang bisa di monitor oleh google dan menghapus data yang tidak dikehendaki oleh anda untuk disimpan.
  • Kedua, ada google adwords profile salah satu tujuang google merekam setiap aktivitas pengguna nya adalah agar google bisa memberikan iklan secara lebih spesifik dan ditargetkan untuk pengguna nya, dengan menggunakan tools ini anda bisa mengontrol jenis iklan yang akan muncul saat anda sedang menjelajahi didunia maya.
  • Ketiga, anda bisa melihat riwayat lokasi anda dengan menggunakan fitur timeline di google maps, google telah merekan lokasi, rute, tanggal, jam sampai dengan alat transportasi yang anda gunakan dan tentu saja fitur perekam lokasi ini bisa anda matikan.

Selain dari ketiga tools diatas, anda juga bisa mengunduh semua data yang telah google simpan lewat google take out dan melihatnya secara offline.

Itu sekilas cerita mengenai perusahaan teknologi raksasa yang telah mengajak pengguna nya bermain dengan privacy, pilihan dan kontrol terhadap data pengguna nya. Jadi pertanyaan nya, seberapa penting privacy bagi anda ? atau anda lebih memilih untuk mengontrol data pribadi anda atau anda lebih memilih menukar data anda dengan kemudahan yang ditawarkan google ? komen di komentar ya.