Saya bekerja di sebuah perusahaan media digital lokal untuk platform berita di Kota Tasikmalaya sebagai webmaster, selama bekerja di perusahaan ini saya mendapatkan beragam pembelajaran salah satunya yaitu tentang bagaimana media digital dapat mempengaruhi gaya hidup dan budaya masyarakat sekitar, tapi disini saya tidak akan membahas bagaimana platform media digital berita akan tetapi membahas tentang media digital secara umum.

Media digital yang saya artikan seperti ini “Media digital adalah sebuah jaringan yang dibentuk sebagai laboratoriumnya beragam informasi yang dapat memicu sebuah revolusi yang mungkin saja dapat mengubah seluruh dunia” Media digital bukan hanya sebuah platform berita digital yang sering menjadi rujukan berita tapi facebook, twitter dan lain sebagainya juga bisa dimasukan ke kategori Media Digital, Media digital identik dengan dunia maya, mungkin sekilas media digital hanya bergerak sebatas di dunia maya tapi tidak seperti itu, sekarang ini media digital sudah berevolusi dan bergerak tidak hanya di dunia maya saja tapi bergerak juga di dunia luar dunia maya dan telah berhasil mengubah banyak aspek gaya hidup dan budaya modern saat ini. Hampir tidak ada aspek masyarakat modern yang tidak tersentuh oleh revolusi media digital, jika ada silahkan ungkapkan di kolom komentar.

Budaya Politik

Di berbagai negara yang memiliki sejarah sangat menghormati demokrasi dan juga lembaga-lembaga demokrasi telah berjuang untuk bisa mencapai sebuah kesetaraan sejati, saat ini uang dan juga kekuatan otot yang mendominasi politik global. Tapi, media digital bisa menyediakan massa yang lebih besar dibanding uang dan kekuatan otot, dengan media digital bisa untuk mengkspresikan pandangan mereka secara langsung. Sekarang ini di eranya digital, para politisi dapat memilih crowdfunding melalui media digital misalnya media digital untuk platform berita, media digital juga dapat memberikan kesempatan kepada warga negara untuk bisa lebih menikmati partisipasi mereka secara langsung dalam keputusan politik dan juga publik yang dapat mempengaruhi bangsa.

Gaya Hidup Sosial

Di era digital sekarang saya menyebutnya dunia yang berubah menjadi sebuah desa global. Kenapa seperti itu ? karena mungkin saja di suatu masa ketika orang sedang hidup atau akan mati tanpa melihat satu orang asing pun kita semua akan tau siap dia. Sekarang ini, sangat mungkin dan bisa seseorang untuk berinteraksi dengan banyak orang di belahan dunia manapun setiap harinya, Orang – orang mengobrol, bercanda, mendiskusikan hal berbau politik apalagi jika sekarang tahunnya politik pilpres, dan juga belajar banyak tentang satu sama lain. Penilaian kepada seseorang berdasarkan persepsi semakin hancur karena interaksi secara langsung hanya melalui media digital dan usaha untuk menimbulkan perpecahan dari beragam serangan misalnya saja terorisme bisa di gagalkan karena media digital memberikan peluang kepada mayoritas yang mengecam hal tersebut untuk berbicara dan mengecam tindakan terorisme secara langsung. Dengan media digital dan sosial dapat membantu orang lain belajar tentang kisah dari orang-orang dari berbagai agama dan juga komunitas yang saling membantu bahkan dalam keadaan sedang tertimpa bencana sekalipun. Media digital juga mampu menyajikan beragam kesempatan yang unik untuk umat manusia.

Jika pada tingkatan pribadi, media digital telah membuat jarak fisik bukan penghalang atau bisa dibilang tidak relevan. Misalnya saja seorang anak dari orang tua yang bercerai bisa melihat, berbicara dan juga berinteraksi dengan kedua orang tua mereka terlepas dari siapa yang mendapatkan hak asuh. Kakek dan juga nenek bisa melihat dan berbicara dengan cucu mereka setiap harinya. Berbagi foto maupun video bisa disebarkan secara real-time antara kota, negara bahkan antar benua. Meskipun media digital tidak membuat orang tetap bisa berdekatan, media digital juga cukup bagus karena telah memberikan saluran kepada mereka yang ingin memiliki hubungan yang erat dengan teman, kerabat bahkan anggota keluarga.

Masyarakat yang berbasis pengetahuan

Didalam sejarah, baru era sekarang yang memiliki begitu banyak informasi dan juga pengetahuan yang tersedia dan dapat diakses oleh banyak orang. Media digital sendiri dapat membuat pendidikan dapat mudah diakses. Satu tablet bisa berisi jutaan buku, dan perangkat gadget jika ditangan yang tepat dapat mendidik seluruh elemen masyarakat. Sebelum era media digital sekarang ini, memastikan adanya informasi atau memastikan informasi tersebar dan pengetahuan tersebar dalam waktu yang singkat bisa dibilang tugas yang mustahil. Tapi sekarang ? semuanya bisa tersebar dalam hitungan menit.

Merubah Dunia Perdagangan

Media digital telah berhasil mengubah seluruh dunia menjadi satu pasar besar. Salah satu teman saya Handy Kara yang tinggal di Kota Majalengka, Indonesia bisa memberikan layanan desain grafis untuk klien dia yang berada di Hollywood bahkan tidak jarang klien dia yang berada di pelosok negara lain. Ini bukti bahwa media digital telah menyederhanakan proses penjualan produk dan juga layanan kepada pelanggan global dari rumah yang nyaman. sekarang ini juga sedang tren pekerja remote yaitu seorang karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan layaknya karyawan biasa akan tetapi tidak berangkat ngantor setiap hari, karyawan ini hanya bekerja dari rumah melalui koneksi internet. Selain menyederhanakan pengaturan yang ada, media digital juga telah menciptakan beragam peluang karir yang tidak mungkin ada di masa lalu.

Dunia saat ini sedang bergerak ke masyarakat yang dimana sekarang tidak lagi terbatas pada manusia saja. Misalnya nya saja Internet Of Things yang difungsikan utnuk membuat jaringan perangkat yang saling terhubung yang dapat menghasilkan lebih banyak perubahan pada masyarakat dan gaya hidup kita. Dengan semakin menekankan kepada akses universal ke internet yang memiliki kecepatan tinggi, dapat dikatakan juga bahwa revolusi media digital kemungkinan akan menghasilkan lebih banyak perubahan didalam fungsi masyarakat modern saat ini.