Beberapa Manfaat Blogging Yang Pernah Saya Rasakan

Beberapa Manfaat Blogging Yang Pernah Saya Rasakan

Ketika saya memulai menulis di blog, saya tidak pernah terfikirkan untuk bisa menjadi blogger professional dan dapat menghasilkan uang secara online, karena memang awal mula saya membuat blog adalah bukan tujuan untuk itu, tujuan awal hanyalah sebagai tempat berbagi, mencatat dan mengikat ilmu dengan cara menuliskannya, bisa menghasilakan uang dari blog merupakan bonus tersendiri.

Perjalanan saya memulai blog awalnya saya menulis jurnal tugas kuliah ketika saya kuliah di Program Vokasi Berkelanjutan DiplomaΒ , disini saya mulai suka dengen blog, berlanjut ke membuat blog pribadi yang isinya kurang jelas, waktu itu menggunakan platform blogger, kurang aktif disana dan kemudian beralih ke blog platform wordpress yaitu sebawa.com yang dikelola sama-sama dengan teman satu sekolah di SMK, ketemu dengan CEO wagomu dan akhirnya bekerja disana sebagai web desain sambil nge blog dengan platform wagomu, dan yang terakhir adalah blog ini mainkit.id, tertarik menulis di blog ?

Saat ini ada berbagai alasan seseorang memulai menulis di blog bahkan mulai eksisnya blog sampai – sampai ada begitu banyak jenis blog seperti blog bisnis, gaya hidup, fashion, makanan dan hiburan. Salah satu manfaat blog yang dikejar orang-orang adalah bisnis, tapi bukan hanya itu masih ada banyak manfaat dari blogging. Dibawah ini adalah manfaat yang sudah saya rasakan.

Dengan blogging saya dapat mengekspresikan diri dan membagikan gairah

Salah satu manfaat yang sudah saya rasakan dari blogging adalah menyuarakan ide, pemikiran dan perasaan saya. Misalnya saja gairah saya didalam bidang programming & web development, bisnis online, dengan blogging telah memberikan saya jaringan dengan banyak orang yang memiliki minat yang sama.

Dapat berbagi pengetahuan

Saya senang dengan sharing karena dapat meningkatkan pengetahuan saya, saya pernah menjadi pengajar disana awal mula saya tertarik dengan berbagi pengetahuan, karena disana saya bisa mendapatkan sesuatu hal yang baru, tapi saya masih belum memenuhi standar seorang pengajar jadi saya memutuskan untuk mengumpulkan pengetahuan sambil berbagi melalui tulisan di blog ini.

Belajar keterampilan menulis

Semakin banyak saya menulis, maka akan semakin baik. Saya seringkali sharing dengan beragam macam blogger professional, mereka selalu menulis secara teratur, menganalisis, mengoreksi tulisannya secara konstan, sehingga keterampilan menulis semakin meningkat, menjadi seorang blogger juga seringkali memperoleh umpan balik dari pembaca dengan begitu dapat membantu saya menjadi penulis yang lebih baik lagi.

Dapat menjadi otoritas

Blog juga saya gunakan sebagai platform untuk menampilkan beragam keahlian saya, mempublikasikan karya saya (portfolio), informasi yang baru saya terima, dengan begitu seseorang yang ingin mengenal saya dan bekerja sama dengan saya bisa mendapatkan informasi tentang saya tanpa harus saya jelaskan lagi.

Bagaimana tertarik untuk menulis di blog ? Yuk mulai membangun blog hari ini !

Sering perkembangan internet dan juga teknologi menjadi kebutuhan di kehidupan kita sehari-hari, manfaat dari blogging menjadi sesuatu yang tidak bisa kita abaikan. Jika anda ingin memulai menulis di blog, tenang, anda tidak perlu memiliki keahlian seputar HTML atau pemrogramman web lainnya. Karena sekarang ini sudah banyak platform blog yang bisa anda gunakan dan anda bisa membuat blog anda sendiri dalam waktu 15 menit. Jika anda kurang percaya diri apakah anda cocok blogging, anda bisa menggunakan platform blogging yang gratis. Oh iya, jika ada manfaat lain yang pernah anda rasakan terkait manfaat blogging, share di kolom komentar ya !

This Post Has 4 Comments

  1. Sebenarnya ngeblog ga harus menulis. Mungkin bagi yang tidak mau terlalu banyak menulis bisa mencoba jadi photo blogger atau belakangan banyak yang jadi video blogger (vlogger). Tapi memang sih ngeblog identik dengan menulis, meski tidak mutlak harus menulis.

    1. iya mas, seiring berkembangnya dunia blogging sekarang blogging bukan cuma menulis saja salah satunya sekarang yang lagi tren itu video blogger di Youtube

  2. Sebenarnya saya juga sudah ada ketertarikan memulai untuk mengekoresikan kehidupan saya ditulisan namun belum ada keberanian karena daya baca litelatur saya yang masih minim, yang saya betuhkan saat ini butuh mentor untuk mengajarkan saya menulis dan membaca dengan benar dan dapat difahami oleh para pembaca. Saat ini tulisan saya masih difahami oleh diri saya pridadi jadi hanya saya yang faham dengan tulisanΒ² saya hhe

    1. Memotivasi diri sendiri untuk menulis memang tidak mudah, langkah awal bangun motivasi jangka panjang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.