Sebagai seorang yang bekerja berhubungan dengan komputer, saya tidak lepas dari penggunaan berbagai macam perangkat lunak yang saya pasang di laptop saya.

Di laptop saya ini banyak software yang menunjang untuk bekerja seperti coding dan ngeblog. Software pun ada 2 jenis yaitu berbayar dan juga gratis atau yang original dan bajakan. Yang mana yang kamu gunakan ? share di kolom komentar ya !

Jika berbicara mengenai perangkat lunak, disini saya akan berbagi tentang kenapa kamu harus meninggalkan software bajakan (jika menggunakannya) ? dan bagaimana saya tetap legal menggunakan software ketika saya tidak bisa membeli lisensi berbayar sebuah software untuk menunjang pekerjaan ?

Apakah saya pernah menggunakan software bajakan ? Jawaban nya ya ! saya yakin mayoritas mahasiswa pernah menggunakannya.

Seiring berjalannya waktu saya sadar jika ternyata membuat sebuah software itu tidak mudah, untuk menyelesaikan pekerjaan ketika membuat software sederhana, saya harus begadang, saya harus membeli banyak buku untuk mempelajari hal baru terkait pembuatan software dan masih banyak lagi. Di situlah saya tersadar bahwa saya salah menggunakan software bajakan terlebih untuk mencari nafkah atau rizki karena sesuatu yang baik harus dimulai dengan yang baik.

Coba perhatikan video dibawah ini mengenai software bajakan yang dijelaskan secara jelas oleh Ustadz Khalid Basalamah dan juga Ustadz Abu Yahya Badrusalam.

Hukum Menggunakan Software Bajakan dalam Islam

Tapi di tulisan ini tidak akan saya bahas mengenai isi dari video tersebut, melainkan yang saya bahas adalah mengenai alternatif software ketika kita belum mampu menggunakan software original. Minimal dapat membantu kita mengurangi pengunaan software bajakan. Harapannya sih meninggalkan 100% dan itu harus. Tapi, ingat bukan hanya software bajakan untuk menunjang pekerjaan saja yang harus kita tinggalkan, Tapi semua software bajakan yang kita gunakan entah itu software pemutar video, pengolah kata, download, editor, pemutar audio, desain, game apapun itu.

Biar lebih jelas perhatikan tulisan dibawah ini.

Baca juga : Download Aplikasi Kajian Online, GRATIS !

Beberapa Alasan Versi Saya Untuk Meninggalkan Software Bajakan

Menggunakan Software Bajakan Termasuk Kedzaliman

Hal ini untuk umat muslim khususnya, harusnya sudah tahu bahwa ketika kita menggunakan software bajakan itu termasuk kedalam kedzaliman. Dan ketika kita menggunakan software bajakan, maka sama dengan kita telah mencuri. Bagaimana bisa nyaman dan tentram jika apa yang digunakan untuk mencari nafkah adalah barang curian ? Jika merasa nyaman dan baik-baik saja, itu berarti ada masalah dalam diri anda !

Tidak Ikut-ikutan Dalam Hal Keburukan

Alasan berikutnya adalah *Tidak ikut – ikutan dalam hal keburukan* karena kita diperintahkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Masih banyak yang menilai tidak apa-apa, padahal itu hal yang keliru. Misalnya apa ? ya itu menggunakan software bajakan dan memberikan tutorial cara membajak software (blogger nakal biasanya yang cuma ngejar duit).

Tau tidak ? kalo Indonesia salah satu negara dengan penggunaan software bajakan tertinggi. Dan di indonesia menganggap hal ini adalah wajar. Maka dari anggapan wajar ini, statistik penggunaan software bajakan meningkat. Coba baca artikel dari tirto tentang Indonesia Jadi Pengguna Software bajakan tertinggi di asia, seperti yang disebutkan Aliansi Perangkat Lunak (The Software Allance) menyatakan, data pada tahun 2017 menunjukkan bahwa sebesar 83% software yang beredar adalah software bajakan. Dan klaim sebagai salah satu negara pengguna software bajakan ya Indonesia. Apa kamu bangga ? harus tidak !

Terus apa kita harus mengikuti kebiasaan orang hanya karena dianggap wajar ? Jika yang dianggap wajar itu adalah hal baik, tidak masalah. jawab pertanyaan saya, apakah mencuri halal bagimu ?

Ada alasan kuat yang lainnya ? bisa share bersama saya di kolom komentar dibawah ya !

Lalu bagaimana tips nya untuk meninggalkan software bajakan ? Nah dibawah ini ada tipsnya.

Tips Meninggalkan Software Bajakan, Agar Hidup Kita Lebih Berkah

Kita mulai dari sistem operasi pada laptop/komputer kita. Biasanya ketika akan membeli laptop atau komputer sudah terinstal sistem operasi versi original (untuk laptop dengan harga tertentu biasanya) dan sistem operasi yang digunakan biasanya dari Window, itu untuk laptop dengan vendor yang bukan Apple, karena vendor Apple biasanya include sistem operasi MacOS. Bagaimana untuk laptop yang tidak terinstal window dari tokonya ? ya beli software originalnya, jika belum bisa maka disarankan untuk instal sistem operasi yang gratis misalnya menggunakan linux dan di linux sekarang ada begitu banyak distro yang menurut saya paling mudah penggunaanya adalah Ubuntu dan Linux Mint.

Aplikasi pendukung lainnya yang berjalan diatas sistem operasi linux, Pertama adalah aplikasi pengolah kata gratis yaitu Libre Office, Open Office dan WPS Office. Aplikasi ini gratis di download di linux maupun di window. Atau kamu juga bisa menggunakan yang berbasiskan cloud sebagai alternatif lainnya, misalnya Google Docs atau Microsoft Office Online. Jika sistem operasi window yang kamu gunakan, maka tinggal beli lisensinya untuk microsoft office 365 juga sudah cukup kalo menurut saya.

JIka kamu adalah seorang desainer dan mampu membeli lisensi dari Adibe Creative Cloud, silahkan saja beli dan itu lebih baik, jika belum bisa membelinya bisa mengganti dengan aplikasi gratis seperti Gimp, Inkscape, Gravit Desaigner dan krita Desaigner. Untuk edit video juga ada blender, Openshot, Synfig Studio dan KdeEnlive.

Untuk yang kerjaan nya ada hubungan nya dengan software developer, ada banyak pilihan software legal dan gratis yang bisa kamu gunakan. Misal Android Studio untuk mobile android, editor Notepad++ dan lain sebagainya.

Untuk aplikasi di perangkat smartphone juga sama, sekarang ini sudah cukup mudah untuk mendapatkan aplikasi legal. Di Google Play sendiri misalnya sudah disediakan pembelian aplikasi dengan menggunakan pulsa, dan google play juga menyediakan Google Play Gift Card yang bisa dibeli di minimarket terdekat seperti Alfamart dan Indomaret.

Memang tidak mudah untuk migrasi dari yang biasanya menggunakan sesuatu tanpa izin dengan memberikan penghargaan secara resmi dengan si pembuat. Tapi semua orang bisa melakukannya secara bertahap. Sekarang ini ada begitu banyak software gratis namun legal, tinggal kita nya mau melakukannya atau tidak. Karena jangan sampai karya kita ingin di akui dengan iisensi kita dan ingin dihargai sepantasnya, tapi karya kita dibuat dengan software bajakan, kan ngaco.