belajar bahasa pemrograman php

mainkit.id – Sebelumnya saya sarankan anda untuk mempersiapkan software yang akan digunakan seperti Xampp dan text editor seperti notepad++ atau sublime text, anda bisa mendownloadnya di situs resminya dan anda bisa mempelajari catatan saya sebelumnya tentang Belajar Bahasa Pemrograman PHP Bagian 1.

Belajar Bahasa Pemrograman PHP (Script)

Bahasa PHP masuk kedalam kategori bahasa pemrograman script. Sederhananya adalah jenis pemrograman yang tidak memerlukan tempat kerja khusus untuk berjalan, dan bisa disisipkan dengan bahasa pemrograman lain.



Dalam pembangunan website, sebagian besar pemrograman yang dipergunakan adalah bahasa pemrograman jenis script. Dokumen PHP sendiri selain didalamnya berisi kode PHP, tetapi dapat juga berisi kode lain seperti HTML, JavaScript dan CSS, semuanya dalam dokumen PHP.

Apache akan memilah cara untuk bisa menjalankan kode tersebut, dan membutuhkan cara untuk bisa memberitahu web server Apache untuk mengenali yang mana PHP dan yang mana HTML.

Bagaimana cara kerja web server dalam memproses kode PHP ?

Di catatan saya sebelumnya tentang Belajar Pemrograman PHP Bagian 1 kita sudah mempraktikan sedikit apa yang bisa proses PHP untuk mempermudah tulisan HTML. Sebagai gambaran cara kerja web server memproses kode PHP, di tulisan ini akan diberikan contoh sama dengan sebelumnya, sebagai berikut :

[php]
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar PHP bersama mainkit.id</title>
</head>
<body>

Ini contoh kalimat yang dibuat dengan HTML

<?php
echo "

Ini contoh kalimat yang dibuat dengan PHP

";
?>
</body>
</html>
[/php]

Jika kita lihat kode diatas adalah terdiri dari barisan kode HTML dan disisipkan PHP, sekarang bagaimana caranya agar server bisa mengeksekusi kode php yang diletakan didalam html ? caranya yaitu kita harus menyimpan file tersebut sebagai file PHP, yaitu dengan akhiran filenya *.php.


Setelah anda save sebagai latihan.php didalam direktori folder C:\xampp\htdocs\latihan.php. Selanjutnya anda buka browser dan ketikan alamat : localhost/latihan.php, maka hasilnya akan seperti dibawah ini :

Belajar bahasa pemrograman php

Pembahasan dimulai, dibawah ini ada sedikit penjelasan tentang cara kerja web server dalam memproses kode diatas :

  • Pertama web server akan membaca extension (jenis) file yang diakses. Misalnya file yang dijalankannya adalah latihan.html maka web server tidak akan membaca kode/modul PHP untuk dijalankan, karena web server didalam proses ini menganggap file tersebut adalah HTML biasa dan langsung ditampilkan tanpa adanya proses. tetapi lain halnya jika file tersebut adalah latihan.php, maka web server akan membacanya sebagai modul dan kode PHP lalu mengeksekusi kode PHP tersebut yang ada didalam file tersebut.
  • Apache web server membaca file latihan.php dimulai dari baris paling awal sampai ke baris paling akhir secara berurutan.
  • Di baris pertama, web server akan menemukan sebuah tag pembuka HTML, yaitu <!DOCTYPE html> dan tag yang lainnya. karena tidak bisa menemukan intruksi untuk bisa masuk ke mode PHP, maka seluruh kode tag HTML tidak memerlukan proses dan langsung dikirim ke browser.
  • Ketika web server menemukan tag <?php dibaris ke-7, maka tag tersebut memberikan intruksi kepada web server bahwa pembacaan kode selanjutnya merupakan kode php, dengan begitu apapun yang ditulis setelah tag tersebut akan diproses sesuai aturan bahasa pemrograman php.
  • Dari mulai tag <?php sudah memasuki mode PHP. Di mode PHP ini kita akan membuat kode PHP. Contoh diatas adalah sebuah perintah sederhana php, yaitu echo. Echo sendiri merupakan sebuah perintah dalam PHP yang berguna untuk menampilkan text yang diantara kedua tanda kutip (“) ke browser. Diatas dicontohkan, echo digunakan untuk bisa menampilkan text :”Ini contoh kalimat yang dibuat dengan PHP” ke browser. sehingga dengan begitu text tersebut akan tampil di browser.
  • Web server akan terus membaca kode php sampai web server menemukan tag penutup PHP, yaitu tag ?> yang menandakan akhir dari kode php.
  • Tag ?>  selain untuk keluar dari kode PHP, tag tersebut memberikan intruksi kepada web server bahwa kode berikutnya merupakan text HTML biasa.

Contoh diatas sebagian besar merupakan kode HTML, tapi kita juga bisa membuat file yang keseluruhannya menggunakan PHP, contoh berikutnya saya akan merubah kode di file latihan.php menjadi full kode PHP. Sebagai berikut :

[php]

<?php
echo "<!DOCTYPE html>";
echo "<html>"
echo "<head>";
echo "<title>Belajar PHP bersama mainkit.id</title>";
echo "</head>";
echo "<body>";
echo "

Ini contoh kalimat yang dibuat dengan HTML

";
echo "

Ini contoh kalimat yang dibuat dengan PHP

";
echo "</body>";
echo "</html>";
?>

[/php]

Belajar bahasa pemrograman php

Coba anda jalankan maka kode PHP tersebut akan menghasilkan persis dengan kode latihan.php yang pertama kita buat. Perbedaanya terletak pada bagaimana memperoses serta membagi halaman tersebut, mana yang harus ditulis dengan kode PHP serta mana yang harus ditulis menggunakan PHP.