mainkit.id – Catatan saya selanjutnya mengenai konfigurasi php.ini, mungkin yang baru pertama kali mempelajari php akan terdengar sedikit rumit, tetapi dengan kita mengetahui bagaimana cara konfigurasi php.ini akan membantu dalam mempelajari bahasa php.

belajar bahasa pemrograman php

Bagaimana Cara Mengatahui File php.ini Disimpan ?

Seluruh settingan PHP biasanya berada pada sebuah file yang bernama php.ini. Tergantung dari konfigurasi awalnya, file php.ini bisa saja berada didalam sebuah folder sistem Windows, atau bisa juga didalam folder PHP tersebut



Lantas, bagaimana cara kita mengetahui lokasi file php.ini tersebut ? caranya cukup mudah, anda tinggal jalankan XAMPP dan juga web server apache nya, buka halaman localhost dan cari menu phpinfo() disebelah kiri. Seperti dibawah ini :

 

belajar bahasa pemrograman php

Sedikit penjelasan mengenai menu phpinfo() ini yaitu fungsi bawaan PHP yang biasa digunakan untuk mengetahui konfigurasi PHP tersebut. Kita juga bisa menampilkan phpinfo ini dengan membuat file PHP, dengan kode php sebagai berikut :

[php]

<?php

echo phpinfo();

?>

[/php]

Di tampilan phpinfo() kita bisa melihat secara menyeluruh tentang konfigurasi PHP. tetapi anda tidak disarankan untuk mengubah konfigurasi tersebut dihalaman ini, tetapi harus kita ubah langsung menggunakan file php.ini.

Jika kita perhatikan baik-baik, tepat dihalaman atas phpinfo(), anda bisa menemukan sebuah nilai “Loaded Configuration”, ini merupakan lokasi alamat file php.ini. sebagai contohnya file dikomputer saya terletak di C:\xampp\php\php.ini, silahkan buka dan cari file tersebut.

belajar bahasa pemrograman php

Jika di komputer yang saya gunakan akan ketemu di direktori sebagai berikut :

belajar bahasa pemrograman php

Apa itu File php.ini ?

php.ini merupakan sebuah file text yang bisa kita buka dengan menggunakan aplikasi text biasa, seperti Notepad bawaan dari Windows, tetapi anda juga bisa menggunakan notepad++ atau sublime text, karena kedua aplikasi tersebut memiliki kemampuan syntax yang bisa membedakan komentar atau settingan, dengan begitu akan lebih mudah dalam setting php.ini.

belajar bahasa pemrograman php

php.ini memiliki sebuah aturan tertentu, yaitu semua baris selalu diawali dengan tanda titik koma yang dianggap sebagai komentar dan tidak akan bisa dieksekusi PHP. Jika kita perhatikan setiap baris kodenya, sekitar 80% isi di file php.ini merupakan komentar, dengan begitu kita akan lebih mengerti untuk apa settingan tersebut.




Sebagian besar di php.ini memerlukan satu baris dan anda hanya tinggal memberinya nilai on atau off atau bahkan nilai tertentu. hampir semua settingan dilengkapi penjelasan maksud dan tujuannya. sebagai contohnya saya akan mengkonfigurasi php.ini agar PHP bisa mendukung Metode ASP.

Sedikit catatan
Untuk php versi 7 keatas (XAMPP 7.0), PHP tidak lagi mendukung metode ASP, dengan begitu tidak bisa digunakan.

 

Untuk bisa menggunakan metode ASP, kita harus merubah settingan di php.ini, dengan merubah settingan asp_tags = Off menjadi asp_tags = On.

belajar bahasa pemrograman php

Selanjutnya anda save file php.ini. Agar settingan menjadi aktidf dan kita juga perlu restart web server Apache. dengan cara klik tombol STOP pada XAMPP Control Panel, lalu klik kembali start.

Nah, sekarang kita tinggal mengujinya dengan membuat file php, misalnya kita namakan metode_asp.php, berikut kodenya :

[php]

<%

echo "Ini berasal dari ASP Style – mainkit.id";

%>

[/php]

Jika hasilnya seperti dibawah ini, itu menandakan bahwa settingan PHP nya tidak mendukung ASP.

belajar bahasa pemrograman php

Pembahasan kali ini selesai, silahkan anda melakukan settingan metode yang lain seperti catatan tentang belajar bahasa pemrograman php bagian 3 dan jika hasilnya seperti diatas berarti masih belum mendukung metode tersebut.