belajar bahasa pemrograman php

mainkit.id – Bahasan di catatan Belajar Bahasa Pemrograman PHP bagian ke-6 ini yaitu tentang cara penulisan komentar di bahasa pemrograman php, php sendiri memiliki berbagai macam cara untuk penulisan komentar dan caranya cukup mirip dengan penulisan komentar di bahasa C, C++ dan Unix Shell.

Memberikan komentar di setiap dokumen php sangat diperlukan untuk penjelasan orang lain yang ingin membaca kode kita atau untuk kita sendiri. Tidak perlu kuatir, karena komentar akan diabaikan ketika PHP di eksekusi. Jika anda berfikir yang membaca dan melihat kode hanya anda sendiri, tidak masalah tidak menggunakan komentar tetapi saya pribadi seringkali kebingungan saat mau membuka dokumen php yang sudah bertahun-tahun tidak saya buka.

Penulisan komentar sendiri saya sarankan singkat, jelas dan tidak terlalu panjang dalam menjelaskan kegunaan kode ataupun variabel tersebut.

Komentar selain memiliki fungsi untuk penjelasan, komentar memiliki sifat yang tidak dapat di eksekusi PHP dengan begitu dapat memberikan keuntungan didalam proses pembuatan program. Biasanya saya sendiri seringkali beberapa baris kode saya buat sebagai komentar ketika saya mencari penyebab error dari kode program tersebut (proses debungging).


Dibawah ini ada beberapa cara penulisan komentar

Penulisan Komentar Unix Shell

Cara yang pertama seringkali disebut dengan metode Unix Shell, mungkin cara penulisan komentarnya yang berasal dari sistem unix. untuk menulis komentar dengan unix shell ini yaitu menggunakan tanda pagar atau hash mark(#). PHP tidak akan mengeksekusi seluruh text yang terdapat setelah tanda pagar sampai dengan akhir baris atau tag akhir php. Sifat dari metode ini hanya akan mempengaruhi satu baris kode saja. dengan begitu akan efektif digunakan untuk komentar pendek.

[php]

<?php $nilai = $p * exp($r * $t); # menghitung bunga majemuk ?>

[/php]

Seringkali beberapa programmer menggunakan metode ini untuk memisahkan bagian kode dengan bagian kode yang lainnya, misalnya seperti dibawah ini :

[php]

#######################

##Form Login

#######################

… Kode program PHP disini

[/php]

contoh lainnya jika kita kombinasikan PHP dengan HTML :

[php]

<?php $nama = "mainkit.id"; # Set $nama menjadi mainkit.id ?>

<?php echo $nama; ?>

… kode HTML berikutnya

[/php]

Penulisan Komentar C

Untuk cara penulisan komentar ini biasa digunakan ketika komentarnya panjang, komentar ini berasal dari bahasa C. Metode ini seringkali disebut dengan komentar blok, mungkin dikarenakan sifatnya yang harus diberikan tanda tutup dalam mengakhiri komentar.



Cara penulisan komentar dengan metode ini, kita hanya perlu menuliskan garis miring dan iikuti dengan tanda bintang (/*). Text apapun jika setelah tanda tersebut tidak akan di eksekusi PHP sampai menemukan tanpa penutupnya yaitu tanda bintang diikuti dengan garis miring (*/). 

supaya lebih jelas, saya akan memberikan contoh penggunaannya :

[php]

<?php /* Dalam bagian ini kita akan membuat beberapa variabel dan memberikan nilai awal. Nilai awal ini hanya sebagai contoh saja, jadi jangan dianggap serius */ $nama = “Eriga”; $a = 13; $situs = “sebawa”; $b= 2017; ?>

[/php]

Metode ini juga cukup berguna ketika akan mengomentari beberapa baris kode php agar tidak di eksekusi PHP, misalnya saja :

[php]

<?php $a= 1; /* bagian ini tidak akan dijalankan oleh PHP $b = 2; $c = 3; */ ?>

[/php]

Tetapi kita juga harus berhati-hati dalam membuat blok komentar yang bertumpukan, misalnya seperti kode dibawah ini :

[php]

<?php $a = 12; /* $j = 10; /* Ini adalah komentar */ $k = 11; Ini adalah komentar */ ?>

[/php]

Contoh diatas merupakan penerapan komentar yang kurang tepat. PHP akan gagal dalam menjalankan kode program dengan begitu akan terjadinya error pada kode program disebabkan komentar yang saling berhimpitan.

Penulisan Komentar C++

Metode penulisan komentar ini hampir sama dengan metode penulisan komentar Unix Shell, metode penulisan C++ ini hanya menggunakan sebuah baris atau sampai tag penutup PHP, akan tetapi karakter yang dipergunakan yaitu dua kali garis miring(Two slashes), yaitu “//”.

Contohnya adalah sebagai berikut :

[php]

$nilai = $p * exp($r * $t); // menghitung bunga majemuk

/////////////////////////////
// Form Login
/////////////////////////////
… Kode program PHP disini

<?php $nama = "sebawa"; // Set $nama menjadi sebawa. ?>

<?php echo $nama; ?>
… kode HTML berikutnya

[/php]