Belajar HTML

Pada akhir pembahasan Belajar HTML bagian 1, sedikit menyinggung mengenai web browser yang singkatnya merupakan aplikasi yang dapat menampilkan halaman website. Adapun pengertian web browser yang ddikutip dari wikipedia adalah sebuah sofware aplikasi yang digunakan untuk menerima, menampilkan dan menerjemahkan informasi dari world wide web. Informasi yang terkandung dialamnya dibuat HTML.

Web browser menerjemahkan kode HTML sesuai dengan yang dibuat dan dirancang. Web browser saat ini memiliki banyak variasi maupun versi, namun jika dilihat dari fungsinya untuk menampilkan kode HTML, maka semuanya memiliki kemampuan yang baik. namun, dari setiap browser memiliki perbedaan mengenai desain halaman.

Ketika setiap program web browser berbeda- beda dalam menerjemahkan kode HTML, maka badan standarisasi dunia membentuk W3C (World wide Web Consortium) yang bertujuan untuk membentuk standar yang sama pada seluruh web browser. Meski dalam penerapannya standar tersebut digunakan untuk rekomendasi dan autan sendiri pun dibuat oleh beberapa web browser.

Banyak sekali web browser yang terkenal saat ini, dan beberapa web browser pun memiliki masa jaya tersenderi. Contohnya adalah eksistensi Internet Explorer yang merupakan web browser yang eksis pada tahun 2000an dengan jumlah hampir 90% orang menggunakan Internet Explorer dan pada saat itu, internet Explorer tidak sepenuhnya mengikuti standarisasi yang merupakan rekomendasi dari W3C. Hal ini tentu saja tidak sama dengan kompetitor web browser lainnya yaitu Opera yang menerapkan standar rekomendasi dari W3C, namun pada saat itu Opera tidak populer seperti Internet Explorer. Pengguna browser saat ini lebih menyukai Google Chrome dan Mozila Firefox, sehingga kedua browser tersebut dipakai lebih dari 50% oengguna web browser.

Dalam mempelajari HTML, perangkat utama yang dibutuhkan adalah web browser yang merupakan interpreter dan compiler. Dalam mempelajri HTML pun tidak harus tertuju hanya pada satu web browser saja, anda dapat menggunakan wwe browser manapun yang anda sukai. Entah itu, internet Explorer, Opera, Mozila Firefox, Google Chrome, UC browser, Apple Safari atau web browser yang lainnya.

Setelah anda menetukan pilihan web browser anda, maka dalam mempelajari HTML pun diperlukan teks editor utuk merangkai atau membuat kode HTML.