Setelah saya memposting bagaimana cara penggunaan Variabel sekarang sudah masuk pembahasan tipe data yang biasanya di sandingkan dengan variabel.

Belajar Pemrograman PHP Dasar Bagian ke 9 ini sekarang membahas tentang salah satu tipe data yaitu integer. tipe data didalam PHP bisa ditulis ke dalam bentuk desimal, oktal, heksadesimal dan biner.

Tipe data integer merupakan tipe data yang merupakan angka bulat misalnya 1, 22 dan -172. Tipe data integer biasanya digunakan untuk angka bulat misalnya harga barang, jumlah stok, dan jumlah siswa. Jika data yang anda miliki kemungkinan akan mengandung beberapa pecahan, maka anda bisa menggunakan tipe data float. Tentang float akan saya bahas secara terpisah.

Contoh penerapan integer

<?php $umur=25 $harga=18000; $rugi=-600000; echo $umur; //25 echo " "; echo $harga; //18000 echo " "; echo $rugi; //-600000 ?>

Penggunaan variabel dengan integer anda bisa menggunakan operasi matematis misalnya penambahan, pengurangan, pembagian dan lain-lain. Dibawah ini saya berikan contoh :

<?php $a=14; $b=16; $c= $a + $b; echo $c; // 30 $d=$a * $b; echo $d; // 224 ?>

Karena php tidak memerlukan deklarasi variabel, maka sebuah variabel berisi angka bulat, secara otomatis variabel tersebut disebut dengan variabel integer.

Jangkauan dari tipe data integer itu tergantung pada kemampuan komputasi komputer, tapi umumnya dimulai dari −2,147,483,648 sampai +2,147,483,647, atau 32bit. Jika ada kemungkinan angka yang dihasilkan diluar dari jangkauan tersebut, anda bisa menggunakan tipe data float. 

Jika dilihat dari teknis nya jangkauang tipe data ini sama dengan tipe data LONG yang ada pada bahasa C. Tetapi, bahasa C tidak memberikan secara khusus spesifikasinya seberapa besar jangkauan dari tipe data LONG, bisa saja akan mendapatkan hasil yang berbeda.

Jika anda ingin mengetahui nilai maksimal dari tipe data integer pada komputer, PHP telah menyediakan konstanta PHP_INT_MAX . Dibawah ini adalah contoh nilai dari PHP_INT_MAX yang pernah saya jalankan :

<?php print PHP_INT_MAX; // 2147483647 ?>

Selain tipe data integer ada tipe data lainnya didalam PHP, misalnya floating point atau float. Didalam tutorial belajar pemrograman php dasar selanjutnya saya akan menulis tentang tipe data float dan bagaimana cara penggunaannya. Subscribe agar tidak ketinggalan.