Berkenalan Dengan Chatbot

Berkenalan Dengan Chatbot

Belum lama ini saya tertarik untuk mempelajari chatbot, dan memahami bagaimana mekanisme chatbot bekerja, awal mulanya saya tidak sengaja melihat seseorang bertanya tentang chatbot disebuah forum programmer dari sana saya berfikir saya juga ingin mengetahui bagaimana cara kerjanya dan apa chatbot itu secara lebih detail, apa yang sudah saya dapatkan ketika mempelajari chatbot ? simak dokumentasinya dibawah.

Apa Itu Chatbot ?

Saya mengutip dari Wikipedia tentang apa itu chatbot ? Chatbot (atau bisa disebut juga dengan chatterbot atau bots)merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan sebuah percakapan intelektual dengan satu ataupun lebih manusia baik secara audio maupun teks.

Cara sebuah chatbot bekerja sebenarnya sederhana, yaitu bot menerima pesan, kemudian mengolahnya dan membalaskan pesan tersebut sesuai dengan chat apa yang dikirimkan kepada bot tersebut tanpa kita harus membalasnya sendiri, mudah bukan ?

Awal Mula Chatbot

Menurut sejarahnya chatbot awal mulanya dipopulerkan oleh ELIZA yang di kembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1966, dimulai dari sana dunia chatbot terus berkembang cukup pesat dan mulai bemunculan penelitian ilmiah terkait chatbot.

Saat itu bukan hanya ELIZA yang merupakan program chatbot yang cerdas pada masanya, ada juga chatbot seperti claverbot dan Julia.

Alasan Saat Ini Chatbot Begitu Penting

Chatbot bisa mengefisiensikan waktu, chatbot bisa menjawab pertanyaan yang berulang, tentu hal ini sangat menarik untuk beberapa perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan produktivitas mereka.

Ketika konsumen terus menjauh dari bentuk komunikasi tradisional, metode komunikasi berbasis chatting diperkirakan akan meningkat, saat ini personal asisten berbasis chatbot telah banyak digunakan, salah satunya buktinya adalah di tahun 2015 banyak bermunculan start up personal assistant, saat itu di Indonesia sendiri ada Yessbosnow dan Halodiana, dan salah satu yang menyakinkan saya bahwa komunikasi berbasis chatting akan terus meningkat bahwa Yessbosnow yang saya sebutkan tadi diatas sekarang berevolusi Kata.ai yaitu sebuah perusahaan yang bisa mempermudah untuk membangun chatbot.

Intinya chabot saat ini sangat membantu anda dalam berbagai aspek, misalnya kita bisa mmanfaatkan chatbot sebagai personal assistant, informasi cuaca, self reminder dan masih banyak lagi yang lainnya.Chatbot juga bisa digunakan dalam bidang bisnis misalnya e-commerce , penjualan tiket pesawat. Berbagai aspek kebutuhan manusia dapat ditangani oleh chatbot dengan begitu prosesnya bisa dengan mudah dan cepat.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.