Pesan error Establising a Database Connection biasanya terjadi pada website yang menggunakan CMS WordPress, dan konsep error ini mirip dengan website yang dibangun sendiri dengan PHP atau menggunakan Framework seperti laravel, CI dll akan tetapi biasanya kita memberikan pesan error sendiri ketika database tidak dapat terhubung ke kode PHP yang kita buat, biasanya saya memberikan pesannya seperti Database Tidak Terhubung.


Sebelum menuju langkah selanjutnya tentang cara mengatasi Error Establising a Database Connection, baiknya ada beberapa yang perlu anda ketahui.

CMS WordPress sama dengan framework seperti yang sudah saya sebutkan diawal yang dibangun menggunakan dua komponen yaitu PHP dan MYSQL, ketika anda akses website melalui browser maka PHP akan melakukan tugasnya untuk menampilkan data yang ada pada database MYSQL dan data tersebut ditampilkan di browser.

Didalam situasi tertentu pesan error Establising a Database Connection bisa terjadi muncul untuk memberi tahu pengguna kalau ada masalah koneksi database dengan PHP. Ada beberapa alasan kenapa website kita tidak dapat terhubung dengan database. Masalah yang umum terjadi biasanya karena Database website anda Corrupt/rusak jika anda menggunakan wordpress ini terjadi karena plugin-plugin tertentu, kedua biasanya karena Login credential untuk database anda ada yang salah ini biasanya username dan password di database berbeda dengan yang ada di Cpanel, ketiga Hosting Down saya jarang untuk penyebab yang ketiga ini tapi biasanya dikarenakan pengunjung terlalu banyak dan hosting tidak kuat menampung lonjakan pengunjung tersebut.

Cara Mengatasi Error Establising a Database Connection dengan cara mencari tau dimana kesalahannya

Cara mengetahuinya pastikan pesan error nya sama dengan ketika anda mengunjungi website anda (namadomain.id) dengan ketika anda mengunjungi halaman lain di domain anda atau ketika anda mengakses dashboard admin di website anda (namadomain.id/wp-admin) . Nah, jika menampilkan pesan error dari keduanya sama yaitu Establising a Database Connection maka anda bisa mengikuti langkah dibawah ini :

  • Cek file wp-config.php, karena dibeberapa kasus ketika error seperti ini dikarenakan ada masalah dalam koneksi database, misalnya perubahan username dan password database dan pengaturan di wp-config nya belum dirubah. Caranya buka wp-config.php dengan editor dan cek setiap kodenya, biasanya didalam kode tersebut terdapat poin dibawah ini :
Nama database (DB_NAME)
Username (DB_USER)
Password (DB_PASSWORD)
Database Host (DB_HOST)

Jika terdapat kesalahan pada salah satunya, dipastikan database tidak akan terhubung.

Cara ampuh untuk mengatasi error ini adalah anda harus memastikan poin diatas sama dengan detail database yang ada di CPanel, caranya anda masuk ke Cpanel dan pilih MYSQL Database di menu database lalu masuk ke Current Database. Disana ada detail user yang digunakan oleh website anda.

Anda tinggal mencocokan detail database tersebut DB_NAME dan DB_USER, nah kode yang diberikan di Database isikan di DB_NAME dan untuk Privileged User di DB_USER. pada file wp-config.php.

Cek Nama Database

Jadi, jika mengalami hal seperti ini mulailah dengan cara Cek Nama Database apakah nama database di Current Database sama tidak dengan di DB_NAME pada wp-config.php. Jika tidak sama bisa dipastikan karena ini yang membuat error ini terjadi.

Cek Username Database

Cek privileg user apakah sama dengan DB_USER yang ada pada wp-config.php, jika berbeda ini juga bisa mengakibatkan error Establising a Database Connection

Cek Password Login Database

Jika database anda menggunakan password maka password database dengan DB_PASSWORD di wp-config.php harus sama, jadi pastikan ini juga.

Repair Database

Nah itu jika keduanya sama menampilkan error Establising a database Connection, bagaimana jika pesan error nya tidak sama dengan ketika anda login ? biasanya akan menampilkan pesan One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired, jika ini yang terjadi maka anda perlu memperbaiki database pada website anda.

WordPress sendiri sudah menyiapkan cara otomatis untuk memperbaiki database anda. Hanya saja, terkadang fitur ini tidak aktif secara default. Jadi, anda hanya perlu mengaktifkannya saja. Bagaimana caranya ?

Caranya, anda hanya perlu membuka file wp-config.php dengan editor, kemudian tambahkan kode dibawah ini pada file tersebut :

define(‘WP_ALLOW_REPAIR’, true);

kode diatas fungsinya untuk memperbaiki database anda dan mengoptimasinya dengan cara mengakses URL dengan browser seperti : namadomain.com/wp-admin/main/repair.php (silahkan ubah namadomain.com dengan nama domain yang anda miliki)

Ketika anda mengakses namadomain.com/wp-admin/main/repair.php nanti akan muncul halaman repair dan anda hanya tinggal pilih salah satu repair database atau repair and optimize database.

Nah itu beberapa pengalaman saya mengatasi Error Establising a Database Connection. Jika ada yang kurang bisa tambahkan di kolom komentar.