Ketika anda menjalankan sebuah file PHP di browser anda untuk mengecek apakah code php berjalan atau tidak, harapan anda jika memang kode php tersebut mengalami masalah tapi yang muncul adalah blank dan anda tidak melihat apa-apa. Hanya layar kosong, tidak ada kesalahan, tidak ada judul. Apa yang terjadi ?

Missing Code

Untuk tampilan/halaman yang kosong tersebut umumnya script tidak terbaca. Kemungkinan anda lupa menambahkan atau } atau bisa juga ; gara-gara hal tersebut PHP tidak akan berfungsi, dan anda tidak akan menemukan kesalahan apapun dan hanya tampil layar kosong.

Saya seringkali bingung dan frustasi ketika mencari titik koma yang lupa di tambahkan dan mengacaukan semuanya di ribuan baris kode. Apa yang biasa dilakukan untuk memperbaiki dan mencegah hal tersebut ?

Aktifkan Fitur Pelaporan Kesalahan dalam PHP

Anda bisa mengaktifkan fitur laporan kesalahan PHP. Dengan mengaktifkan fitur tersebut anda bisa mempelajari tentang apa yang salah dari pesan eksalahan yang ditunjukan PHP kepada anda. Jika anda tidak menemukan pesan kesalahan berarti anda harus mengatifkan pesan kesalahan tersebut terlebih dahulu.

Menggunakan Editor Berkode Warna

Ada begitu banyak editor PHP dari mulai yang gratis sampai yang berbayar, anda bisa menggunakan kode editor berwarna karena ini sangat membantu, misalnya ada kode dengan fungsi yang sama maka kode warna nya juga akan sama dan juga kode yang saling terhubung maka warna kodenya akan sama, dengan begitu anda akan lebih mudah dalam membaca ribuan tulisan kode.

Memberikan Komentar

Salah satu cara untuk mengisolasi masalah yang timbul adalah dengan memberikan komentar disebagian kode yang telah anda periksa. Mulai dari bagian atas sampai kebawah, sampai anda menemukan masalahnya, dengan begitu memundahkan anda mengingat ketika lupa baris keberapa yang sudah anda periksa.

Jika anda menggunakan LOOP

Jika file PHP tersebut ada loop didalam nya, bisa saja file/halaman PHP anda terjebak didalam lingkaran yang tidak pernah berhenti memuat. Mungkin saja anda lupa menambahkan ++ ke penghitungan akhir di loop tersebut, dengan begitu loop terus berjalan selamanya.

Jika tidak menggunakan loop di file/halaman PHP

Periksa setiap kode HTML atau kode apapun yang digunakan di dalam halaman anda dan pastikan tidak ada masalah.

Jika ada solusi lain silahkan komentar ya !