Mungkin ini yang disebut sebuah tantangan “zaman” bagi yang berprofesi dengan memanfaatkan teknologi, Kita harus update dengan teknologi terbaru minimal update terbaru dari teknologi yang sering kita pakai, salah satunya mengenai Andoroid Studio ini, saya belum lama bekerja dengan IDE ini. Di komunitas Android Developers ada yang bertanya mengenai Androidx, salah satunya tentang agar project lamanya bisa dibuka di Android Studio yang sudah terintegrasi Androidx. Disini akan saya bahas.

Cara Migrasi Project Ke Androidx di Android Studio

Simplenya, dari pada kita memikirkan bagaimana caranya agar project tetap bisa berjalan meski menggunakan IDE yang sudah support Androidx, lebih baik memikirkan bagaimana caranya agar project lama bisa mendukung androidx, karena kemungkinan besar kedepannya library dengan cara lama akan tergantikan dengan Androidx secara keseluruhan.

Bagaimana caranya migrasi ke androidx ? caranya ternyata cukup mudah, dan bisa dilakukan langsung dari IDE Android Studio.

Pertama, anda bisa membuka aplikasi Android Studio, saya menggunakan Android Studio versi 3.5 keatas.

Kedua, anda bisa membuka menu Refactor pada menu bar atas di Android Studio, dan pilih Migrate to Androidx. lihat gambar dibawah ini :

Ketiga, Nanti akan muncul sebuah dialog yang menyarankan kita untuk memback up project nya terlebih dahulu. lalu ketik migrate dan simpan juga back up nya di direktori yang mudah di ingat tempatnya. Perhatikan gambar dibawah ini :

Keempat, Project kita sudah berhasil di migrate ke Androidx. Biasanya tidak terjadi error. Jika mengalami error maka ulangi dari awal dari back up-an sebelumnya.

Biasanya ketika project kita sudah berhasil di Migrate, biasanya defedencis di file gradle project kita akan berubah seperti dibawah, menjadi ada tambahan androidx (sepertinya bisa dirubah langsung lewat gradle kali ya untuk migrate, belum nyoba sih) sample nya dibawah ini :

 })
    implementation 'androidx.appcompat:appcompat:1.0.0'
    testImplementation 'junit:junit:4.12'
    implementation 'com.google.android.material:material:1.0.0'
    implementation 'androidx.cardview:cardview:1.0.0'
    implementation 'com.google.android.gms:play-services-gcm:11.8.0'
    implementation 'me.relex:circleindicator:1.2.2@aar'
    implementation 'androidx.recyclerview:recyclerview:1.0.0'
    implementation 'com.squareup.picasso:picasso:2.5.2'
    implementation 'com.github.ornolfr:rating-view:0.1.2@aar'
    implementation 'com.google.android.ads.consent:consent-library:1.0.3'
    implementation 'com.android.support:multidex:1.0.3'

}