Teman-teman tau gak sih apa itu programming ? Programming adalah sebuah aktivitas menulis, memperbaiki, memelihara dan menguji barisan kode ketika sedang membuat sebuah aplikasi misal web apps atau apps mobile seperti Android atau iOS. Semenjak saya memutuskan sekolah ke SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (salah satu cabang keilmuan komputer) dan akhirnya saya juga melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, aktivitas programming adalah aktivitas sehari-hari sampai akhirnya bekerja di bidang ini, dari mulai menjadi seorang freelance, masuk tim orang lain dan bekerja di sebuah perusahaan.

Awalnya, saya menganggap programming itu hanya sebatas menulis coding/code dengan algoritma yang rumit, keterampilan ini saya mengira hanya sebatas keahlian yang memerlukan keterampilan komputer saja dan hanya orang – orang tertentu saja. Tapi, selama saya bergelut didunia ini banyak pelajaran hidup yang saya dapatkan, keterampilan programming atau coding memiliki nilai yang universal dibalik kerumitan teknis coding ini.

Coding bukan hanya tentang bagaimana cara menulis/mengetik di komputer, itu hanya sebagian kecil, coding itu melatih seseorang untuk berfikir dengan cara tertentu, dengan coding/programming seseorang dilatih untuk melihat masalah besar dan juga rumit lalu membaginya menjadi sebuah potongan-potongan kecil dan dibuat lebih sederhanan, programming juga melatih seseorang dapat melihat masalah yang samar bahkan yang sulit dimengerti sekalipun lalu dibedah menjadi sebuah langkah kongkrit yang berurutan. – Gene Luen Yang.

Inti dari programming ini adalah memecahkan masalah dengan cara berfikir dengan logika, untuk seorang engineer prinsip ini dipakai untuk membedah atau membuat sistem komputer, Tapi, prinsip ini juga sangat berguna ketika kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dalam menyelesaikan masalah.

Mengimplementasikan cara berfikir yang biasa dipakai seorang programmer ketika coding sangat berguna diterapkan di kehidupan sehari-hari terlepas dari pekerjaan nya apa. Dengan begitu masalah yang besar serta rumit bisa dibuat sederhana dan masalah kecil tidak dibesar-besarkan.