Hosting adalah rumah bagi website yang kamu kelola. Seperti layaknya sebuah rumah pastinya kamu menginginkan rumah yang nyaman, besar dan mampu menampung banyaknya keluarga kamu di rumah tersebut. Sama halnya dengan hosting, kita memerlukan hosting yang nyaman (tidak down dan lambat) lalu pastinya kamu memerlukan hosting yang memiliki kapasitas yang besar untuk bisa menampung data file web kamu yang selalu bertambah data setiap harinya.

Tapi, faktanya banyak orang yang tidak terlalu mempertimbangkan hosting, hal ini bisa berdampak buruk jika kamu berfikir demikian. Di luar sana ada banyak pilihan hosting dan dengan persaingan harga yang jor-joran. Akan tetapi, kamu harus melihat hosting sebagai investasi didalam membantun bisnis kamu di dunia maya.

Hosting adalah pondasi dari website kamu, tentunya kamu tidak mau membangun rumah diatas tanah yang goyah dan kamu tidak boleh juga membangun website dengan menggunakan layanan hosting yang memiliki kualitas yang rendah.

Tulisan saya kali ini membahas mengenai cara kerja hosting, tips mencari hosting yang memiliki kualitas baik dan terakhir mengenai kenapa hosting begitu penting untuk website kamu.

Cara Kerja Hosting

Intinya website yang kamu buat adalah kumpulan dari banyak file yang berbeda. Nah, file-file tersebut perlu disimpan di suatu tempat agar bisa di akses di internet. Maka caranya kamu menyewa hosting untuk katakanlah “meng-host” kumpulan file tersebut. Biasanya layanan hosting di bayar bulanan atau tahunan.

Perusahaan hosting memiliki beberapa server yang seringkali disebut sebagai pusat data. Pelengkap dari komputer server ini misalnya peralatan hardware jaringan, pendingin dan lain sebagainya.

Penyedia layanan hosting juga memiliki tanggung jawab dalam hal pemeliharaan server, updgrade perangkat lunak, hardware dan lain sebagainya.

Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Memilih Layanan Hosting

Setelah kamu mengetahui tentang cara kerja hosting secara umum, maka sekarang udah waktunya kamu mencari layanan hosting terbaik kamu. Di indonesia bahkan di belahan dunia sudah ada banyak perusahaan dengan saling bersaing satu sama lain. Ada banyak variasi layanan seperti shared host, host for wordpress dan Dedicated Server Hosting dan tentunya kamu tidak ingin salah pilih layanan hosting bukan ?

Dibawah ini ada beberapa yang perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan layanan hosting berkualitas sesuai pengalaman saya selama ini :

Maintenance Hosting

Sebuah sistem pastinya tidak selalu mulus berjalan, pasti akan mengalami kendala dan perlu perawatan, ini adalah hal biasa.

Kendala hosting ini mengacu kepada seberapa sering hosting tersebut bermasalah, bermasalah terhadap sistem memang hal biasa tapi jika itu terlalu sering, bagaimana ? kalo saya pasti akan mempertimbangkan kembali layanan hosting seperti itu bahkan tidak akan saya rekomendasikan layanan hosting seperti itu.

Sebelum kamu memutuskan layanan hosting tersebut, maka kamu perlu memastikan kebijakan, history gangguan terhadap server kepada penggunanya secara langsung. Lagi pula, menurut saya tidak ada gunanya membangun situs website jika website kamu sering bermasalah gara-gara hostingnya sering down.

Bandwidth dan Penyimpanan

Bandwidth adalah kapasitas lalu lintas dan jumlah tampilan halaman yang dapat di tangani untuk website kamu setiap harinya. Kenapa kamu harus memperhatikan ini ? ini penting karena jika bandwidth yang kamu miliki kapasitas nya rendah maka website kamu tidak bisa di akses.

Jika kamu menggunakan paket shared hosting yang menawarkan paket bandwidth unlimited, sebenarnya ini tidak benar-benar unlimited karena secara umum sebuah situs pada paket shared hosting dapat menangani hingga 30.000 pengunjung setiap bulannya, biasanya awal-awal bandwitdh kamu akan bermasalah dari mulai kecepatan loading website kamu mulai lambat sampai parahnya website kamu tidak bisa di akses sama sekali, maka solusinya kamu bisa meningkatkan paket shared hosting yang kamu gunakan.

Kedua, yang perlu kamu pertimbangkan lainnya adalah penyimpanan. Batas penyimpanan setiap layanan bervariasi. Penyimpanan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan website kamu.

Salah satu layanan dengan variasi menarik bandwidth dan media penyimpanannya yaitu layanan jagoweb yang kamu bisa pilih dengan variasi kapasitas penyimpanan dan bandwidth. Jika kamu ingin menggunakan layanan ini, kamu bisa menggunakan voucher diskon yang saya dapatkan dengan kode voucher JAGOWEB10 (untuk diskon 10%) atau menggunakan voucher diskon 40% dengan kode ARTA40

Dukungan Pelanggan Yang Solid

Dukungan terhadap pelanggan adalah sesuatu yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih layanan hosting. Intinya dengan dukungan pelanggan yang solid dan fast respon itu akan membantu kamu ketika menemukan kendala terkait website kamu.

Bagaimana cara mengetahui dukungan pelanggan sebuah layanan hosting terbilang baik ? kamu bisa menguji layanan tersebut sebelum memilih layanan tersebut. Misalnya, kamu kirim satu atau dua pertanyaan dan pastikan mereka fast respon. Kamu bisa mencoba live chat. Kemarin, saya sempat menghubungi salah satu penyedia layanan yaitu jagoweb.com, perusahaan ini cukup cepat menanggapi pertanyaan yang saya ajukan, bahkan mereka menjelaskan dengans sangat detail. Mungkin ini bisa menjadi pertimbangan kamu.

Manajemen Domain

Ketika kamu merintis satu website, pastinya kamu untuk awal hanya membutuhkan satu website. Akan tetapi, seiring perkembangan website kamu, mungkin saja kamu memerlukan lebih dari satu domain.

Maka pilihlah paket hosting yang bisa menambahkan beberapa domain ke satu akun hosting. Berapa jumlah domain yang bisa ditambahkan tergantung dari paket yang kamu pilih.

Kesimpulannya

Nah itu dia beberapa saran dari saya, berinvestasi dalam urusan hosting lebih penting dari yang kamu pikirkan. Maka, sebelum memilih layanan hosting. Luangkan waktu untuk mencari tau pilihan hosting web yang ada.

Kamu bisa meningkatkan kebutuhan hosting kamu kedepannya, tetapi alangkah lebih baiknya membuat dan memilih yang terbaik untuk website kamu. Lebih mudah untuk kamu menemukan hosting yang dapat memberikan kebutuhan kamu dalam jangka waktu yang panjang dari pada kamu harus beralih ke perusahaan hosting lain setiap kali website kamu meningkat pesat pertumbuhannya.

Mudah-mudahan kamu mendapatkan manfaat lebih dari tulisan ini tentang kenapa kamu memerlukan hosting yang baik, apa yang harus dicari dari sebuah layanan hosting dan kamu bisa memilih layanan hosting terbaik untuk kebutuhan web kamu.