Identifikasi elemen pada halaman website

Saya diajarkan ketika akan membuat sebuah halaman website (desain web) itu mengkonsep terlebih dahulu struktur desain web yang saya inginkan, tidak langsung menggambar struktur desain nya menggunakan photoshop, tapi yang saya lakukan adalah menggambar secara manual di secarik kertas baru ketika rancangan sudah matang saya teruskan di aplikasi desain atau kadang saya tulis langsung menggunakan html.

Terkadang ide tidak langsung datang, melainkan saya harus mencari ide desain web yang dibutuhkan, salah satu cara saya mendapatkan ide adalah melihat website yang sudah lama nongkrong di internet. Saya biasanya mengumpulkan 1-3 website yang menurut saya menarik.

Ketika website-website tersebut sudah saya pilih, saya melakukan identifikasi ke masing – masing website. Cek satu-satu elemen yang ada di setiap website tersebut. Tata letak elemen seperti header, navigasi, sidebar, content dan footer. Tujuan dari identifikasi elemen pada sebuah website adalah untuk mendapatkan ide konsep desain web yang saya inginkan.