Ingin Buat Aplikasi Android.? Ini Dia Yang Harus Anda Persiapkan
android

Ingin Buat Aplikasi Android.? Ini Dia Yang Harus Anda Persiapkan

Dimasa digital kini, sesuatu yang simple atau mudah pasti menjadi serbuan masyarakat. Disamping pengalihan antara kebiasaan transaksi offline ke online. Terdapat peran penting para pengembang aplikasi dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.

Suka atau tidak, kemajuan teknologi menuntut para pengembang aplikasi untuk bisa meng-Upgrade dirinya. Dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi mobile memang menjadi primadona dalam dunia teknologi, tak terkcuali dengan aplikasi android.

Siapa yang tidak mengenal aplikasi android.? Dimulai aplikasi edit foto, edit video, belajar bahasa hingga game. Terdapat jutaan aplikasi android yang tersebar di store resmi android yakni Google Play Store.

Google Play Store
Google Play Store

Lantas seperti apa sih cara membuatnya.? apa saja yang harus dipersiapkan.? Jika anda berniat untuk mempelajari tentang seluk beluk android studio. Anda bisa mengunjungi situs resmi android di www.android.com

Hal Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Memulai Membuat Aplikasi Android.?

Yang paling utama adalah anda memiliki keyakinan bahwa anda bisa menyelesaikan atau setidaknya fokus akan apa yang akan anda lakukan. Berikut merupakan beberapa hal yang bisa anda persiapkan untuk memulai menjadi programmer android.

Kebutuhan Software

1. IDE (Integrated Development Environment)
Apa itu IDE.? Analoginya seperti ini, ketika kita ingin menggambar, otomatis kita memerlukan peralatan seperti pensil, pewarna atau lembar kerja anda.

Android Studio
Android Studio

Nah, sama seperti itu, jika anda ingin belajar membuat aplikasi android. Anda juga harus memiliki fasilitas. Disamping kebutuhan hardware, kita juga memerlukan software yang mendukung untuk membuat aplikasi tersebut.

Untuk IDE itu sendiri, ada 2 software pengembang aplikasi android yang paling populer yaitu Eclipse dan Android Studio. dari keduanya lebih bagus mana.? anda bisa menentukan sendiri.

Tapi, para pengembang lebih memilih Android Studio sebagai IDE dibanding dengan Eclipse. Terlebih, android studio merupakan aplikasi IDE resmi yang dirilis oleh Google yang juga pencipta aplikasi android. Untuk mengenal lebih tentang android studio, anda bisa mempelajarinya di https://developer.android.com/guide/?hl=id

2. Java Development Kit (JDK)

Bahasa pemrograman yang mendukung android studio adalah java. Meskipun kini sudah ada bahasa pemrograman baru seperti Kotlin yang sama sama dibutuhkan.

Jika kita menulis program java di android studio, kita membutuhkan JDK untuk mengenali syntak yang kita tulis di IDE tersebut. Mengapa tidak JRE.? JRE hanya berfungsi untuk menjalankan program java saja. Dan didalam JDK sudah terdapat JRE. Lebih simple kan. Untuk mendownload JDK, anda bisa mengunjungi laman resmi oracle di http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk10-downloads-4416644.html.

Note : susuaikan dengan OS laptop/komputer anda, kemudian instal.

Download JDK
Download JDK

3. Emulator Genymotion

Banyak yang mengeluh akan emulator android studio yang sangat berat dan membuat laptop atau komputer anda kurang greget dalam menjalankan program android studio.

Genymotion
Genymotion

Nah untuk yang memiliki masalah tersebut, anda bisa mencoba alternatif lainnya dengan mengganti emulator bawaan Android Studio dengan Genymotion.

Untuk download genymotion, anda bisa kunjungi laman resminya di https://www.genymotion.com/.

Note : Untuk download, anda bisa login/daftar akun terlebih dahulu.

Kebutuhan Hardware

Hardware memang yang paling utama, namun tidak jadi patokan bahwa seorang programmer android harus memiliki hardware yang tercukupi atau serba gahar. Banyak programmer diluar sana yang bahkan bisa membuat suatu prodak dengan keterbatasan kebutuhan hardware.

Laptop Atau PC
Laptop Atau PC

Berikut merupakan spesifikasi laptop/komputer yang mendukung proses pembuatan aplikasi android, baik itu menggunakan Eclipse atau Android Studio :

  • Minimal RAM 3 GB direkomendasikan menggunakan RAM 8 GB RAM.
  • Ruang Hardisk 2 GB , Direkomendasikan 4GB hardisk.
  • 1280 x 800 layar komputer/laptop anda.

Kebutuhan Brainware

Disarankan untuk programmer android studio sudah memahami dasar dasar pemrograman java.

Namun, bagi anda yang tidak mengenal bahasa pemrograman java tidak usah khawatir, karena anda bisa mempelajarinya di https://docs.oracle.com/javase/tutorial/index.html

Apakah bisa membuat aplikasi android dengan bahasa pemrograman lain.? tentu saja bisa, apalagi sekarang android sudah mendukung bahasa pemrograman KOTLIN. Apa itu KOTLIN.? … to be continue. :). jangan lupa subcribe yah, dan dapatkan informasi artikel terbaru dari kami.

Lihat Video Pilihan kami :).

Disza Jatnika

Only a man with a million dreams

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.