Saat ini tempat yang paling sering di kunjungi di internet adalah website, ada jutaan situs website yang tersedia secara online, satu sama lain bersaing untuk mendatangkan pengunjung, ada dua senjata untuk memenangkan persaingan dalam dunia online untuk para pemilik website adalah nama situs website mereka atau sering disebut dengan domain baru kemudian adalah hosting untuk mendukung kinerja website.

Apa itu hosting ?

Hosting sering juga disebut dengan web hosting atau sewa hosting yaitu penyewaan tempat untuk menyimpan data-data yang diperlukan oleh sebuah website dengan begitu website tersebut dapat di akses melalui internet. Data nya bisa berupa file, gambar, email, aplikasi, script, dan database.

Pada dasarnya internet tidak berbeda dengan dunia nyata tempat anda tinggal, hosting itu didalam dunia nyata di ibaratkan seperti sepetak tanah, misalnya tanah dengan ukuran 10×25 meter maka luasnya 250 meter persegi, kalo di internet sepetak tanah itu lah yang disebut dengan hosting ukuran besar nya adalah Mega Byte (MB) , misalnya hosting dengan kapasitas 250 MB.

Di dunia nyata diatas sepetak tanah anda bisa membangun berbagai macam bangunan, misalnya bangunan rumah, toko atau kantor sedangkan di internet anda bisa membangun website misalnya website pribadi, website toko online atau website company profile, jadi website itu jika dalam dunia nyata adalah sebuah bangunan.

Apa itu domain ?

Domain adalah alamat. Setiap komputer yang berhubungan satu sama lain akan memiliki alamat IP (IP Address). Tetapi, alamat IP yang terdiri dari deretan angka tentu akan sulit untuk di ingat. Maka dari itu muncul istilah domain.

Domain atau alamat domain biasanya dituliskan oleh pengguna internet di kolom URL bar di browser yang mereka gunakan, Misalnya contoh domain dibawah ini :

  • mainkit.id
  • google.com
  • facebook.com

didunia nyata setiap bangunan saya berikan contoh nya rumah pasti memiliki alamat rumah misalnya Jln Asrama Nyantong, Kota tasikmalaya dengan alamat inilah kita bisa menemukan lokasi dari setiap bangunan, di internet alamat ini lah yang disebut dengan domain.

Kesimpuan

Jadi, agar websie anda bisa di akses secara online anda membutuhkan domain dan juga hosting.