Sesuai janji saya ditulisan sebelumnya tentang Bagaimana Game Developer Mendapatkan Penghasilan ? , kali ini saya akan membahas tentang seorang developer game yang merilis game nya secara gratis, Play Store dan Apple App Store adalah gudang nya game gratis tapi game yang dirilis secara gratis bukan berarti mudah dibuat, kalo game nya dirilis secara gratis, terus para developer ini mendapatkan penghasilan dari mana ?

In-App Purchase

Pertama dengan cara In-app purchase, apa itu ? In-App Purchase adalah sebuah fitur yang mengijinkan gamer untuk membeli item, item tersebut bisa berbagai macam bentuk misalnya aksesoris untuk mempercantik karakter, atau bisa berupa tenaga/energi untuk menambah kekuatan karakter di game tersebut. Didalam merancang In-App Purchase yang atraktif untuk para pemain developer tidak bisa sembarangan dalam membuatnya, banyak hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang developer, antara lain mendesain game agar tetap adil untuk para pemain yang membeli in-app puchase atau tidak, jika seorang developer bisa mendesain game secara adil maka akan banyak para pemain yang ingin mencoba game nya secara gratis sampai akhirnya membeli beberapa item melalui In-App Purchase.

Ads

Cara yang kedua adalah dengan ads/iklan, cara ini memang cuku beresiko karena akan mengganggu alur dari game tersebut tapi dengan cara ini bisa berpotensi mendapatkan penghasilan yang besar dengan catatan jumlah dari unduhan game tersebut harus besar, cara kerja Iklan ini cukup kompleks, masing-masing penyedia iklan akan menawarkan paket yang berbeda-beda, besaran harganya ditentukan oleh berapa jumlah impresi yaitu iklan yang muncul dilayar game. Tapi, harga iklan akan menjadi lebih mahal dengan catatan seiring meningkatnya jumlah interaksi pemain terhadap iklan tersebut, apa aja ? misalnya Klik, unduhan, hingga adanya transaksi pembelian pada aplikasi yang di iklankan.

Salah satu game yang sukses dalam menggunakan metode ini yaitu Flappy Bird, game ini sukses setidaknya game ini telah menghasilkan sekitar $50.000 per hari atau setara dengan 500 juta rupiah perhari jika kurs dollar adalah 10.000 (Source: Cnet)

Iklan biasanya akan muncul dibawah aplikasi dan dihalaman depan.

menyediakan slot khusus untuk iklan memang sangat cocok untuk para developer game mobile yang sekarang ini sedang berkembang di indonesia. terutama android dan iOS karena iklan hanya akan muncul jika pengguna menghubungkan smartphone nya ke internet.

Setelah mengetahui cara-cara developer game mendapatkan penghasilan, apakah anda berniat mencoba membuat game ? selain dari kedua cara diatas seorang developer game masih bisa mendapatkan penghasilan dengan cara lainnya, seperti apa ? silahkan buka postingan sebelumnya tentang Bagaimana Game Developer Mendapatkan Penghasilan ?.