Saya percaya ada sesuatu hal yang istimewa dari yang namanya membaca, apa itu ? apa itu ? nanti ya saya coba jelaskan secara singkat, padat, dan jelas. Selain membaca, saya juga sering ngobrol dengan teman – teman tentang si membaca ini (tidak terlalu sering sih tapi suka lah). Saya seringkali bertanya kepada teman – teman yang sama sama suka berusaha membaca buku.misalnya, kapan mulai jatuh cinta dengan buku ? mengapa ? dan hal favorit apa tentang membaca buku ?, Jika kalian ingin jawab pertanyaan ini. Jawab di kolom komentar, jawab lah jawab ya ? ya ? iyalah..

Tanggapan yang saya dapatkan adalah kebanyakan apa yang dibaca nya ?. misalnya saya, saya awal suka membaca dari komik. Saya bisa menceritakan semua kenangan saya dari membaca komik. Kesan ketika memiliki kartu perpustakaan komik, di majalengka ada. Sering dimarahi oleh orang tua karena terus-terusan membaca komik. Untuk membaca buku terakhir yang paling saya suka adalah Talbis Iblis yang ditulis oleh Ibnul Jauzi dan Buku Seni Interaksi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang ditulis oleh Syaikh Shalih Al-Munajjid. Jika buku IT yaitu buku Visual Studio Xamarin dan CI yang ditulis oleh Ipung Purwono dan buku The New Digital Age yang ditulis oleh Eric Schmidt dan Jared Cohen dan beberapa buku umum lainnya.

Saya mulai berusaha membaca buku saat saya masuk ke perguruan tinggi (ketika itu kuliah diploma 1), ketika SMK saya masih suka membaca komik dan novel (buku umum juga suka tapi jarang). Pengalaman membaca buku ini sudah menjadi bagian penting dan berharga didalam kehidupan banyak orang yang suka membaca buku. Di blog saya ini saya akan paparkan kenapa saya berusaha membaca buku ? ini versi saya.

Memberikan Pengetahuan

Salah satu alasan terbesar saya adalah bisa mendapatkan pengetahuan. Buku merupakan sumber informasi yang kaya dari dahulu kala. Saya berusaha membaca buku tentang berbagai subjek. Setiap kali saya membaca buku, saya dapat mempelajari informasi yang baru yang jika saya tidak tau maka tidak akan tau.

Dapat Memperbaiki Otak

Penelitian telah menunjukan bahwa sering membaca bacaan berkualitas memiliki efek positif yang kuat untuk otak. Dengan tetap terstimulasi secara mental, dengan membaca juga dapat mencegah demensia dan penyakit Alzheimer. Otak adalah otot lain didalam tubuh kita, dengan olahraga akan membuat tubuh sehat dan kuat, sama hal membaca buku adalah cara yang bagus dalam melatih otak. Sebuah penelitian dari Rush University bagi orang yang sering membaca hal baik maka akan meningkatkan umur otaknya, dengan rajin membaca akan menurunkan kognitifnya sebanyak 32%, artinya akan bisa menghindarkan pikun saat di usia lanjut.

Meningkatkan Imajinasi

Semakin sering membaca, semakin kita menjadi imajinatif. Setiap kali membaca buku fiksi misalnya, itu diibaratkan dibawa ke dunia lain. Di dunia baru, imajinasi kita bekerja paling baik saat kita melihat sesuatu yang ada didalam pikiran kita.

Membangun Keterampilan Berpikir Kritis

Manfaat lain dari membaca buku adalah kemampuan untuk mengembangkan keterampilan dalam berfikir kritis. Kemampuan mengolah informasi dengan cara yang tidak bisa di tonton di televisi.

Hiburan Murah

DIbandingkan dengan bentuk hiburan yang lainnya, menurut saya buku cukup murah. Kamu tidak akan bisa mendapatkan tiket film dengan harga Rp 5000. Tetapi, dengan uang 5000 rupiah kamu bisa membeli sebuah buku (biasanya buku saku) dan bisa dihibur berkali-kali dan mendapatkan pengetahuan berarti. Contoh lainnya, jika kamu suka nonton konser K-POP dll yang harga nya saya pernah liat di TV salah satu artis membelinya dengan harga puluhan juga (Duit puluhan juga mending buat modal saya nikah). Dengan buku kamu hanya mengeluarkan kisaran Rp 50.000 ke atas untuk buku agak tebal dan dengan buku ini kamu bisa dihibur berkali – kali dan berjam-jam dibanding nonton konser yang paling hanya mungkin kisaran 1 – 3 jam. (bukan berarti saya melarang kalian nonton konser K-POP itu terserah kalian, hanya saja disarankan untuk memanfaatkan uang menjadi lebih baik lagi).

Motivasi

Hidup ini penuh dengan tantangan, apalagi di akhir zaman ini. Ketika kita bergerak di fase yang berbeda dengan tempat yang berbeda, sedikit motivasi akan sangat membantu. Membaca buku inspirasional tentang pengalaman hidup yang dapat mengubah cara hidup kita. Membaca buku yang bagus, Misalnya membaca buku Sirah Nabawiyyah yang dapat membuat kita lebih bersemangat dan belajar dalam mencapai tujuan kita ketika kita hidup.

Pada dasarnya, kita bisa terinspirasi menjadi suami (saya belum menikah sih), istri, putra atau bahkan karyawan yang baik.

Belajar Tentang Dunia Lain

Membaca buku Sirah Nabawiyyah misalnya dapat memungkinkan kita melakukan perjalanan ke masa lampau, dimana semuanya berbeda. Dengan membaca buku juga, kita bisa tau dunia dan budayanya. Dengan buku memungkinkan bisa melihat negara lain, orang lain di pikiran kita dan banyak hal lainnya..

Tidak Ada Efek Samping Dari Dunia Digital

Terlalu sering menghabiskan waktu dengan menonton televisi atau memain game dapat mempengaruhi kesehatan kita terutama mata dalam jangka panjang. Di sisi lain buku-buku itu aman dan juga mudah. Tidak ada yang pernah menjadi buta karena gara-gara sering membaca buku. Tidak ada efek samping dari bahaya membaca buku-buku hebat kecual efek kita menjadi tau. Semua ada manfaatnya.

Buku Lebih Baik Daripada Film

Telah banyak film yang diadaptasi dari buku. Akan tetapi, ketika kamu membaca buku dan menonton filmnya, maka kamu akan setuju kalo buku itu 100 kali lebih baik dari pada filmnya. Selalu ada bagian unik, misalnya karakter, yang tidak bisa di tangkap dari film.

Oh iya ini penting banget, tidak lupa untuk teman-teman saudara seiman tidak lupa juga untuk selalu membaca Al-Qur’an, jadikan al-qur’an bagian dalam hidup mu bukan bagian dari waktu luang mu. Al-Qur’an adalah pedoman kita umat islam, Al-Qur’an juga memiliki banyak keutamaan bagi orang yang membacanya.

Salah satu keutamaan Al-Qur’an adalah jika kita membaca satu huruf dalam kitab al-qur’an akan diberi ganjaran 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.


Sekarang giliran kamu ! Apa yang paling kamu nikmati ketika membaca buku ? jawab di komentar dan beritahu saya.

Dukung saya agar selalu aktif menulis di blog ini dan bagikan ke setiap sosial media kalian.