Vue.js merupakan salah satu front end framework Javascript. Selama bertahun-tahun Javascript ini telah memberikan warna berbeda pada sebuah halaman website, tentunya telah membuat halaman website menjadi lebih menarik dari biasanya, lebih powerful dan dinamis. Javascript sendiri memang salah satu bahasa pemrograman website yang memiliki fitur yang baik sehingga banyak digunakan sampai saat ini.

Developer-developer diseluruh dunia juga memiliki peran yang cukup penting dalam mempopulerkan Javascript ini dengan menghasilkan karya-karya mereka dengan menggunakan Javascript, misalnya website online shop, website penyedia office online, website media sosial, dan web game, tentu website-website tersebut tidak lepas dari peran Javascript.

Javascript sendiri adalah pemrograman berbasis client side, kode Javascript akan di kirimkan dari server menuju browser untuk diolah dan akan meninggalkan beribu-ribu baris kode Javascript yang berhubungan dengan HTML dan juga CSS, hal tersebut yang menyebabkan kurang efektifnya dalam mengembangkan website dinamis.

Developer yang menggunakan Javascript sadar akan hal tersebut dan hal inilah yang menjadi cikal bakal di buatnya “Framework” beberapa perusahaan telah mencoba membuat “Framework” dengan cara meramu Javascript menjadi beragam modul dan fungsi untuk siap digunakan.

Saat ini dilapangan terdapat banyak framework Javascript misalnya AngulatJs, ReactJS, EmberJS, dan yang sedang kita bahas Vue.js dan masih banyak lagi framework yang lainnya.

Vue.js sendiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan framework yang lain, diantaranya :

  • Approchable (pendekatan yang cukup mudah, cukup anda minimal menguasai dasar HTML dan CSS dan Javascript basic)
  • Maintainable (pemeliharaan yang cukup mudah)
  • Versatile (serba guna, terdapat begitu banyak library dan fitur yang lebih lengkap)
  • Reactive (Terhadap perubahan data)
  • Performant (dengan ukuran yang lebih kecil dapat menghasilkan performa yang lebih cepat)
  • Testable (pengujian yang mudah)

Popularitas Vue.js saat ini terus meningkat, hanya dalam waktu kurang lebih sekitaran 3 tahunan (2014-2017) Vue.js yang awalnya hanya “biasa saja” berubah menjadi “pemain utama” didalam persaingan framework Javascript, kurang lebih sampai ribuan developer website tertarik dengan framework ini dan sedang berusaha mempelajarinya.

StateOFJS telah melakukan survey pada tahun 2017 yang dipublikasikan pada situsnya stateofjs.com, berikut hasil survey nya :

Hasil survey tingkat popularitas framework Javascript

Di website ini, saya akan mendokumentasikan proses saya mempelajari Vue.js sampai ke implementasinya. Untuk anda yang sedang membaca ini saya ucapkan “Selamat Datang Di Dunia Vue.js” , Artikel ini adalah langkah anda dalam mempelajari Vue.js yang merupakan salah satu framework Javascript terbaik dan terpopuler saat ini. Jika anda ingin mempalajari Vue.js ini sama-sama silahkan gabung ke grup telegram (link dibawah).

Grup Telegram(Klik untuk join)