Ada yang bertanya melalui whatsapp tentang kode php tidak muncul ketika menggunakan view source yang ada di browser, yang kelihatan hanya kode HTML saja.

Seorang pengguna browser tidak sedikit yang mengetahui tentang cara melihat kode HTML dengan view source di browser mereka. Akan tetapi anda tidak akan bisa melihat kode PHP jika website tersebut terdiri dari PHP, karena kode PHP dijalankan disisi server sebelum situs website di kirim ke browser. Semua website yang diterima browser umumnya adalah PHP yang tertanam didalam HTML, untuk alasan ini anda tidak bisa melihat kode PHP di browser, anda hanya bisa melihat halaman yang dihasilkan oleh PHP bukan PHP itu sendiri.

PHP adalah bahasa pemrograman sisi server, yang berarti berjalan di server web sebelum di kirim ke browser dan ke user. itulah sebabnya anda tidak bisa melihat kode php ketika menggunakan view source.

Contoh Kode PHP

[php]
<head>
<title>Belajar cara memasukkan kode PHP</title>
</head>
<body>
<?php echo " MainKit.id adalah situs website edukasi teknologi "; ?>
</body>
</html>
[/php]

Ketika skrip diatas dijalankan dan anda melihat di browser dengan view source, makan anda hanya akan melihat tulisanĀ MainKit.id adalah situs website edukasi teknologiĀ didalam HTML.

Server-Side Scripting vs. Client-Side Scripting

Bukan hanya bahasa PHP yang script dari sisi server dan script dari sisi server tidak terbatas hanya dari sisi website saja. Bahasa yang lain dari sisi server seperti C#, Phyton, Ruby, C++, dan juga Java.

Script sisi klien adalah script yang disematkan , Javascript adalah yang paling umum digunakan dari server web ke komputer pengguna. Semua pemrosesan script dari sisi server akan di tampilkan di browser yang ada di komputer user.