Jika berbicara pekerjaan, saat ini ada begitu banyak bidang pekerjaan yang cukup menjanjikan salah satunya pekerjaan dibidang teknologi. Bidang ini begitu banyak di minati, terlebih lowongan pekerjaan dibidang ini cukup menjamur. Tentunya selaras dengan banyaknya perusahaan teknologi di negeri ini serta perusahaan non teknologi yang mulai memanfaatkan teknologi untuk perkembangan perusahaannya.

Dari banyaknya perusahaan yang membutuhkan keahlian bidang pekerjaan ini dengan konsentrasi bidang teknologi tertentu, otomatis makin banyak kesempatan peluang kerja maka kesempatan untuk berpindah-pindah perusahaan tempat bekerja juga semakin mudah. Masa semudah itu ? tidak ada pertimbangan ketika memutuskan pindah kerja ? Apakah Lebih Baik Pindah Kerja ? baca sampai habis.

Tulisan ini berdasarkan apa yang saya alami, bisa saja isi dari tulisan ini tidak relevan dengan kehidupan anda yang sebenarnya. Jadi jangan menganggap apa yang saya tulis di blog ini kebenarannya mutlak. Teman-teman berhak untuk setuju maupun tidak setuju dengan apa yang saya tulis di artikel ini. Silahkan baca, pelajari dan ambil hal-hal yang baiknya saja. keputusan apapun yang anda ambil setelah membaca tulisan ini menjadi tanggung jawab masing-masing dengan penuh kesadaran.

Baik saya lanjutkan, beberapa bulan ini saya baru saja pindah ke perusahaan baru dari perusahaan sebelumnya, tentu saja tidak mudah ketika itu memutuskan untuk pindah pekerjaan, antara bertahan di perusahaan lama atau pindah perusahaan ke perusahaan baru. Karena masih baru saya pindah perusahaan, maka saya perlu share bahan pertimbangan ketika akan pindah kerja untuk anda yang mungkin berfikiran untuk pindah pekerjaan.

Pertama, Alasan Pindah Kerja

Ini adalah hal klasik kalo menurut saya, tetapi sebelum teman-teman keluar dari perusahaan lama, selalu pastikan memiliki alasan kuat ketika akan berpindah pekerjaan. Entah itu soal uang/gaji, karir, budaya kerja, pengetahuan dan pengalaman. Jika memang ini yang menjadi alasan dan mulai ada anggapan bahwa Lebih Baik Pindah Kerja Deh. Maka saran saya, selalu pastikan kamu telah bernegosiasi dengan diri sendiri dan keluarga tentang anggapan yang kamu temukan beserta alasannya, apakah alasan tersebut memang mengharuskan kamu pindah kerja atau justru bertahan di perusahaan lama. Selanjutnya kamu bisa membicarakan dengan atasan kamu tentang alasan kamu pindah kerja. Karena ada banyak kasus solusi dari contoh alasan yang saya sebutkan bisa diselesaikan tanpa harus pindah kerja. Semua ini menurut saya penting, agar kita tidak bersikap gegabah dalam mengambil keputusan tanpa adanya negosiasi terlebih dahulu. Setiap keputusan harus diambil secara bijak dengan banyak pertimbangan dari aspek lainnya bukan hanya mengikuti hawa nafsu sesaat yang berujung menghancurkan diri sendiri.

Peran Yang Bisa Kamu Dapatkan

Selalu tanyakan terlebih dahulu sebelum memutuskan menerima tawaran di pekerjaan baru, selalu tanyakan peran apa yang bisa kamu dapatkan di perusahaan tersebut. Selalu pastikan kamu paham tentang peran yang kamu dapatkan nantinya. Selalu pertimbangkan peran tersebut, apa kamu sanggup mananggungnya ? karena peran apapun pasti memiliki tanggung jawab yang berbeda, dan setiap peran akan memiliki dampak yang berbeda, misalnya pekerjaan apa saja yang kamu sanggup untuk mengerjakannya, dampaknya, gaji dan benefit yang bisa kamu dapatkan, pengembangan karir dan pengetahuan untuk kedepannya.

Apakah Kamu Bisa Mengambangkan Pengetahuan Kamu ?

Sebagai seseorang yang bekerja di bidang teknologi, saya dituntut untuk terus berkembang secara pengetahuan. Karena setiap hari ada sesuatu hal yang baru yang saya tidak tau, dan jika terlewat maka akan jauh tertinggal, memang tidak semua pengetahuan bisa kita cerna, akan tetapi diusahakan agar pengetahuan kita selalu berkembang sejalan dengan apa yang telah kita aplikasikan pada pekerjaan kita sehari-hari.

Tapi, yang jadi masalahnya sekarang tidak semua perusahaan dapat memberikan ruang yang cukup bagi seorang karyawannya untuk pengembangkan pengetahuannya (ada banyak alasan perusahaan tidak memberikan ruang itu). Maka ketika kamu memutuskan pindah kerja, pastikan kamu tidak salah memilih perusahaan, saran saya pilihlah perusahaan yang bisa mendukung kamu dalam menempa pengetahuan kamu yaitu perusahaan yang memberikan ruang yang cukup bagi karyawannya bergaul dengan komunitas tertentu yang mendukung pekerjaan nya dengan begitu karyawan nya akan dengan cepatnya mengikuti perubahan berbagai hal diluar perusahaannya itu dan berdampak pada perkembangan perusahaan.

Hati-hati terhadap sebuah perusahaan yang menggoda kamu dengan godaan bahwa di perusahaannya sangat nyaman untuk bekerja, perusahaan yang nyaman tidak akan secara terang-terangan bicara bahwa perusahaan nya sangat nyaman, karena kenyamanan hanya bisa dirasakan, kebanyakan yang membujuk dengan bujukan kenyamanan ini pada dasarnya mengekang pengetahuan kamu dan hanya memanfaatkan apa yang sudah ada dalam dirimu saat ini. Tanpa mau berinvestasi untuk turut serta mengembangkan diri kamu sendiri.

Budaya Kerja Di Perusahaan Baru

Ini juga perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan. Cari tau informasi bagaimana karyawan yang lain didalam perusahaan tersebut bekerja sama, visi dan misi dari perusahaan baru tersebut, biasanya disebarkan ke semua karyawanannya, perhatikan juga ritme pekerjaan karyawan didalamnya. Saya sendiri salah satu orang yang pilih-pilih dalam hal ini, yang saya perhatikan diantaranya budaya membangun, budaya yang akan terus memacu saya dalam memberikan yang terbaik pada setiap pekerjaan yang saya selesaikan, Karena tidak semua perusahaan memiliki budaya kerja yang baik.

Lingkungan Pekerjaan Di Perusahaan Baru

Ini juga salah satu yang saya pertimbangkan, Lingkungan Kerja bisa mencangkup berbagai hal, misal suasana kantor, apakah dekat dari lokasi tempat tinggal kamu saat ini, terus karena saya seorang muslim maka saya juga mempertimbangkan apakah di tempat kerja tersebut banyak yang muslim juga (preferensi pribadi saya), kalaupun kebanyakannya adalah seorang muslim, apakah didalamnya rajin dalam hal beribadah atau tidak (Karena saya masih percaya bahwa mengikuti orang baik makan kita akan mengikutinya).

Dan juga, bagi saya lingkungan pekerjaan adalah salah satu faktor yang dapat memberikan rasa nyaman ketika bekerja. Suasana kantor ini apakah justru akan menjadi pembunuh mood atau dapat meningkatkan mood bagi saya pribadi.

Toleransi Terhadap kekurangan

Setiap orang pastinya menginginkan bekerja di sebuah perusahaan yang bisa memenuhi semua keinginan kita, kebutuhan dan tuntutan, akan tetapi yang kita temukan justru tidak sesuai dengan apa yang kita impikan. Dengan begitu, tetapkan ada dibatas mana kita bisa bertoleransi dengan berbagai kekurangan yang kita temui di tempat kerja tersebut. Misal, seseorang menerima pekerjaan yang agak jauh dari tempat tinggal demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi atau sebaliknya memilih pekerjaan yang dekat dan bisa berkumpul dengan keluarga tapi gaji tidak sesuai harapan. Selama kita bisa berbesar hati dan menetapkan batas toleransi dan bisa menerima kekurangan, tentunya bekerja akan menjadi lebih nyaman tanpa menggerutu.

Gaji dan Benefit

Gaji dan keuntungan lainnya perlu jadi pertimbangan temen-temen juga, bicara soal gaji disesuaikan dengan kebiasaan didalam memanfaatkan uang gaji tersebut, bagi yang susah didalam menyisihkan pendapatan perbulannya mungkin bisa mencari perusahaan yang dapat memberikan bonus tahunan yang lebih aman sekalipun gaji bulanannya akan didapatkan lebih kecil. Tapi jika teman-teman lebih pandai menyisihkan dengan sangat baik tentu disarankan memilih perusahaan dengan gaji perbulan yang lebih besar.

Gaji yang ditawarkan juga perlu dipikirkan seberapa besar pengeluaran kamu nantinya, misal saja di kantor kamu sebelumnya dapat makan siang gratis tapi di kantor baru tidak. Sama dengan transportasi, apakah baiya transportasi juga akan bengkak ?

Keuntungan lainnya layak kamu perhitungkan. Misalnya saja jaminan kesehatan, tunjangan kalian dan keluarga. Tunjangan lainnya misal transportasi, pulsa dan lain sebagainya mesti di hitung juga.

Ada hari dimana kita harus berhenti sebentar dan menengok kebelakang dan Bersyukur.


Terima kasih dan tunggu tulisan baru berikutnya, jangan lupa selalu tinggalkan komentar dan pendapat kalian di kolom komentar. Jika ada masukan berbagai topik yang ingin saya bahas silahkan usulkan saja.