Di zaman sekarang ini anak-anak yang belum mempunyai cukup umur serta wawasan di tuntut untuk tumbuh dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern di era digital. Ungkapan atau sebutan “anak zaman now” sudah sangat tidak asing lagi di telinga para orang tua. Tak ubah, tantangan  demi tantangan yang akan di hadapi orang tua dalam hal mengawasi anak-anak akan semakin berat ketika meliat dunia internet yang merajalela dan hampir membunuh kebiasaan-kebiasaan bersosial anak-anak dalam dunia nyata. Bahkan boleh jadi anak-anak mengakses sesuatu yang di luar batas sebagai penghancur pemikiran dan ide kreatif nya.

Mengingat hal tersebut, orang tua harus bisa mencari jalan tengah dalam mengambil langkah yang wajar untuk melindungi serta mengawasi anak-anak mereka.

Tips Melindungi Anak Di Era Digital

Sangat prihatin sekali memang ketika melihat anak-anak sekarang tidak bisa berjauhan dengan ponsel pintar dan komputer mereka. Mengingat seharusnya di usia yang masih muda mereka menuangkan ide kreatif di dunia nyata serta dapat bersosialisasi sebagaimana mestinya. Dunia online bisa menjadi dunia yang sangat menakutkan, akan tetapi dengan pendidikan yang tepat, pola pikir dan juga nilai-nilai agama yang ditanamkan pada anak, orang tua bisa melindungi anak-anak dengan baik serta pendidikan yang orang tua berikan tersebut bisa digunakan untuk kepentingan anak-anak didalam menjaga hubungan dengan orang yang dicintainya, belajar hal-hal baru dan mengakses informasi sebaik mungkin.

Lalu apa sajakah yang harus di lakukan oleh orang tua agar anak-anak tetap bisa menuangkan ide kreatif nya serta menggunakan internet  sesuai dengan kebutuhannya? Berikut kami bagikan tips melindungi anak dan bagaimana cara memanfaatkan situasi sebaik mungkin dan membantu anak tumbuh di era digital.

Jadilah proaktif

Ada beberapa hal yang bisa orang tua lakukan untuk mencegah munculnya masalah secara aktif. Orang tua tidak hanya proaktif didalam memantau aktivitas internet anak , tetapi juga harus melakukan beberapa langkah untuk menjamin keamanan mereka ketika menjelajahi dunia maya. Beberapa diantaranya :

  • Memblokir situs : Jangan biarkan anak Anda membuka situs-situs pornografi atau konten dewasa lainnya. anda bisa memblokir situs yang seharusnya tidak boleh di konsumsi anak. cara ini bisa dilakukan dengan cara manual atau menggunakan plugin/add-on.
  • Menggunakan VPN : Lindungi privasi online keluarga Anda dan jangan biarkan orang asing tahu dari mana Anda atau anak Anda melakukan pencarian di internet.
  • Menggunakan firewall– Cegah koneksi yang tidak sah ke komputer Anda dan pastikan firewall berfungsi setiap saat.
  • Mengetahui dengan siapa anak Anda berinteraksi– Lindungi anak Anda dengan menyadari siapa yang berinteraksi dengan mereka dalam kehidupan nyata dan mengobrol di dunia maya secara online. Jika Anda mencurigai bahwa dia berinteraksi dengan orang yang salah, lebih baik untuk melangkah lebih awal daripada nanti, dan tolong jelaskan kepada mereka masalah apa pun yang mungkin akan terjadi jika berkomunikasi dengan orang yang salah.

Ingat bahwa kunci keamanan adalah pencegahan. Lebih baik mengambil tindakan sebelum sesuatu yang buruk terjadi, dari pada sesuatu yang buruk tersebut terjadi lebih dulu. Jika Anda meluangkan waktu untuk mengatasi masalah sebelum muncul masalahnya, kemungkinannya anak-anak akan berada di tangan yang lebih baik ketika menggunakan teknologi dan Internet.

Batasi Penggunaan Teknologi dan Internet

Aturan dalam menggunakan teknologi dan internet sangat diperlukan. Tentu memerlukan waktu yang cukup untuk membuat anak mematuhinya. Ada beberapa batasan untuk ditetapkan meliputi:

Jumlah waktu anak Anda dapat berada di Internet atau menggunakan perangkat elektronik

  • Hanya akhir pekan?
  • Berapa jam dalam seminggu?

Jam berapa anak-anak Anda dapat online

  • Di pagi hari sebelum sekolah?
  • Di malam hari setelah mereka atau menyelesaikan PR?

atau Setelah mereka mandi?

Apa saja hal yang dapat mereka cari dan lakukan di Internet

  • E-mail?
  • Ngobrol dengan teman?
  • Mencari referensi untu PR?
  • Menonton video di YouTube?
  • Membuka media sosial?

Penting juga untuk memberi tahu anak-anak tentang trolling, cyber bully, dan sexting. Ini adalah masalah yang perlu ditangani sejak dini agar anak-anak tahu apa yang harus dilakukan jika suatu situasi menuntut mereka untuk memberikan respon.

Edukasi Mereka Tentang Pentingnya Privasi

Saat ini, anak zaman now telah tumbuh dengan media sosial dan “perangkat pintar” di ujung jari mereka sehingga sulit untuk mengontrol seberapa banyak anak terkontaminasi dunia internet. Anak-anak zaman sekarang selalu berada di depan TV, menggunakan komputer, atau bermain dengan smartphone. Inilah mengapa penting untuk mengajari mereka cara aman menggunakan perangkat tersebut.

Beberapa hal dibawah ini harus segera diberitahukan kepada anak-anak untuk menghidari hal-hal yang tidak semestinya :

  • Jangan mudah percaya kepada orang asing dan memberikan informasi pribadi apa pun, terutama jika mereka menawarkan sesuatu.
  • Buat kata sandi yang kuat di akun Anda.
  • Jangan setuju untuk bertemu dengan seseorang tanpa orang tua jika Anda di bawah umur;dan jika Anda cukup dewasa, temui seseorang di tempat umum dengan situasi yang ramai
  • Berhati-hatilah dengan tautan web yang mencurigakan.
  • Pastikan untuk keluar dari semua akun saat menggunakan perangkat publik.

Pencurian identitas adalah masalah yang sangat nyata untuk semua orang.  Dengan begitu, penting untuk melindungi informasi pribadi Anda melalui Internet. Penjahat dapat mencuri identitas Anda jika Anda tidak berhati-hati dengan:

  • Informasi Kartu Kredit
  • Nomor KTP
  • Kata sandi
  • Surat izin Mengemudi
  • Paspor
  • Nomor rekening bank

Tetap Terlibat

Selain mendidik anak-anak tentang keamanan online, tetap terlibat didalam aktivitas mereka di internet adalah aspek penting lainnya. Jika anak Anda masih kecil, mungkin ada baiknya menggunakan Internet sambil didampingi dan tetap mengawasi situs-situs yang ingin mereka kunjungi dan bahkan aplikasi yang mereka gunakan di telepon. Dengan cara ini, orang tua dapat menunjukkan kekhawatiran tertentu, sebelum mereka menjadi tidak terkendali.

Luangkan Waktu Berkualitas Dengan Keluarga Tanpa Teknologi

Di hari dan usia di mana orang-orang begitu tenggelam dalam elektronik mereka, sangat penting untuk mendorong dan memberlakukan waktu keluarga yang berkualitas di mana tidak ada perangkat elektronik dan teknologi yang terlibat . Waktu keluarga ini mungkin paling baik dihabiskan dengan satu sama lain, mungkin melalui permainan di alam terbuka yang menyenangkan, berenang, memanah atau hal lainnya.

Menjaga Anak Anda Aman di Ruang Cyber

Saat ini, teknologi adalah bagian penting dari dunia kita. Jika digunakan secara tepat, perangkat elektronik dapat memiliki manfaat besar. Misalnya, siswa dapat secara efisien dalam mencari referensi belajar , teman sebaya dapat berkomunikasi satu sama lain, dan masih banyak lagi.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa interaksi tatap muka antara anak-anak dan orang tua, guru, dan teman sangat penting dalam membina hubungan dan perkembangan yang sehat. Internet dapat menjadi alat yang sangat kuat, tetapi penting untuk tidak melupakan hubungan pribadi dan tersesat di belakang media sosial.

Apa ada tips lain yang perlu diperhatikan untuk mengamankan anak – anak di era digital ini ? tulis di kolom komentar ya.