Saya spontan tiba-tiba ingin sekali menulis hal ini. Awalnya simpel sih, karena obrolan dengan temen-temen dikomunitas dan temen-temen diluar komunitas juga. Akan tetapi yang me-latarbelakanginya sudah banyak terkumpul dari dulu.

Ketika itu saya sedang mengerjakan project aplikasi streaming android untuk perusahaan tempat saya bekerja, seperti biasa saya mencari beberapa referensi jika ada sesuatu hal ditengah pengerjaan yang belum saya tau.

Ketika saya mencari referensi dan menemukan sesuatu yang tidak ada hubungan nya dengan solusi yang saya cari dan ini dimata saya adalah sesuatu hal yang baru, ketika itu saya sontak berkata Loh, ada yang baru lagi ? , disini kelihatan banget jika saya mulai jarang baca di internet (karena ada banyak pekerjaan), ketika itu saya ingin sekali membeli bukunya dan memakan nya siapa tau akan masuk ke otak saya, dalam hati saya mengatakan Selalu ada yang baru, yang ini saja belum dikuasai.

Memang beberapa bulan kebelakang saya jarang membaca dan membeli buku-buku IT serta jarang membuka situs-situs yang menjual buku IT, ketika saya menemukan yang bagi saya adalah hal baru ,saya langsung share info yang saya temukan kepada teman yang se-profesi yang berkutat dengan teknologi. Ternyata, teman saya sangat paham akan hal ini, paham tentang percepatan perkembangan teknologi terutama didunia developer apps, web dll.

Padahal yang ini baru digunakan beberapa bulan yang lalu dan belum diaplikasikan secara menyeluruh, eh udah ada teknologi baru yang lebih bagus. Terus-menerus seperti itu dengan kalimat yang berbeda namun arahnya sama saja.

Sebagian dari kita mungkin mempelajari hal baru terutama yang kesehariannya bergelut dibidang teknologi, yang utama itu terletak pada waktu untuk mempelajari, memperdalam dan mengaplikasikannya. Waktu yang kita miliki tentunya sangat terbatas kita pun harus bisa memilih yang mana saja yang patut kita pelajari secara mendalam serta yang mana yang kita hanya asal tahu saja. Kita bisa kembali memperhatikan waktu itu sangat berharga.

Membicarakan hal ini saya bisa teringat pada sebuah quote yang sangat menarik dan akan menjadi senjata saya dalam menyemangati diri sendiri seperti.


“Hidup akan menjadi lebih baik lagi ketika menciptakan sesuatu yang bermanfaat dari apa yang kita tahu”


Jadi, yang terpenting kita sudah bisa membuat manfaat apa ? mengikuti informasi sangat penting tapi kembali ke paragraf atas yaitu
harus bisa memilih yang mana saja yang patut kita pelajari secara mendalam serta yang mana yang kita hanya asal tahu saja, karena jika alat, pemrograman atau IDE yang kita gunakan masih didukung dan mendukung pekerjaan kita maka jangan buru-buru untuk segera menggantinya, user tidak mau tau dibuat dengan teknologi apa, IDE atau pemrograman apa. Yang dibutuhkan user adalah apakah apps dan web nya berjalan sesuai yang di inginkannya ?