Main Ke Studio MGI TV, Televisi Umat Islam

Main Ke Studio MGI TV, Televisi Umat Islam

Kali ini saya akan share tentang pengalaman saya berkunjung ke salah satu TV Dakwah yang ada di Indonesia, TV apa itu ? Namanya adalah MGI TV atau kepanjangan nya itu Media Gema Islam Television, Seperti apa pengalaman saya berkunjung ke studio utama nya ? baca artikel ini sampai habis.

Ketika saya ngobrol dengan salah satu karyawan MGI TV, Televisi ini awal mulanya lahir dari Radio Riyadhul Jannah 104,5 FM  sebuah stasiun dakwah yang masih eksis sampai sekarang, Radio ini langsung di bina oleh Ustadz Abu Qotadah Al Atsary dan di bantu awalnya oleh 3 orang karyawan yaitu Kang Iman Nur Sopyan,Kang Insan Gani & Kang Wahyu Mustika dalam pembuatan konten, program hingga perkembangan secara teknis.

Didalam siaran, MGI TV menggunaan saluran siaran berbasis parabola dengan memanfaatkan jaringan koneksi Satelit Palapa D, Frekuensi 4014, Polaritas Horizontal, Simbol Rate 7200 dengan begitu siaran MGI TV mempu menembus mancanegara dengan menggunakan peralatan konvensional.

MGI TV juga telah resmi bergabung dan bagian dari naungan ARTVISI (Asosiasi Radio Televisi Islam Indonesia) yaitu lembaga nasional yang menaungi seluruh media Islam Televisi dan juga Radio.

Oh iya, Jangan lupa juga follow. subscribe dan kepoin beberapa akun media sosial MGI TV, untuk mendapatkan informasi terbaru dari kajian Islam Ilmiah.


Email : info@mgitv.com
Subscribe Youtube : MGI TV
Fanpage Facebook : MGI TV
Instagram : MGI TV / mediagemaislam

Studio Utama MGI TV Dimana ?

MGI TV berlokasi di Kota Tasikmalaya Jawa Barat yaitu di Komplek Pondok Pesantren Ihya As Sunnah , MGI ini menjadi angin segar dalam berdakwah di Kota Tasikmalaya dengan begitu masyarakat bisa dengan mudah akses konten yang bermanfaat, dibanding nonton konten alay khas Indonesia di beberapa stasiun TV komersil.

Apa MGI TV adalah TV Dakwah satu-satunya di Kota Tasik ?

Di Kota Tasikmalaya yang saya tau TV Lokal itu ada, dan jangkauannya hanya di daerah Kota Tasikmalaya dan sekitarnya itu pun TV komersil, tapi jika TV dakwah di kota Tasikmalaya setahu saya, saya baru mendenger MGI TV yang lain belum saya tau. Tapi jika berbicara se-nusantara itu ada banyak TV Dakwah.

Konten & program apa saja yang ada di MGI TV ?

Saat ini, MGI TV telah merilis beberapa program unggulan yaitu Murottal Al Qur’an, Kajian Islam, MGI Kartun, Kajian Seputar Kesehatan, Program Pemuda, Tahsin & Tilawah Al Qur’an, Bahasa Arab, Ekonomi & Bisnis, Sosial, dll.

MGI TV juga didukung oleh beberapa Ustadz yang menjadi narasumber di beberapa program MGI TV, saya list dibawah ya :

1. Ustadz Abu Qotadah Al Atsary
2. Ustadz Abu Isa Abdullah bin Salam
3. Ustadz Abu Rijal Fadhilah
4. Ustadz Muhammad Hazim
5. Ustadz Nuruddin Abu Faynan Al Makky

6. Ustadz Rijal Arifin
7. Ustadz Iskandar Dinata, Lc
8. Ustadz Dedi Permadi
9. Ustadz Arip Priyadi, Lc
10. Ustadz Ade Ading, Lc
11. Ustadz Ibrohim
12. Ustadz Suryana Abdullah
13. Ustadz Barkah Nurramdhani, Lc
14. Ustadz Heri Iman Santoso
15. Syaikh Jamal
16. Akhuna Ihsan Gani (MC)
17. Akhuna Wahyu Mustika (MC)
16. Assatidzah Lainnya.

Tour Di Studio Utama MGI TV

Alhamdulillah, saya diberikan kesempatan oleh produser MGI TV yaitu Abu Ja’far untuk berkeliling melihat studio, kurang lebih saya masuk ke beberapa room, cek dibawah :

Studio Utama Kajian Islam

Studio Utama Kajian Islam

Di tempat ini berlangsungnya kajian setiap harinya, yang di isi oleh beberapa ustadz yang saya list diatas. Kebetulan ketika saya kesana sedang tidak ada siaran kajian. Keren banget kan ruangan nya ? menurut kamu gimana ? komen dibawah ya.

Ruang Editor

Ruangan editor video

Di ruangan ini tempat berkumpul para editor video,untuk mengedit video agar kualitas semakin ciamik dan di ruangan ini ada sekitar 4 komputer semuanya spesifikasi gahar ! (Norak banget saya hehe saya belum pernah pake soalnya)

Ruangan MCR

MCR itu singakatan dari Master Control Televisi, diruangan ini banyak alat dan perlengkapan yang belum pernah saya pake dan saya tau nama-namanya, ruangan ini menjadi pusat dari segala siaran yang dilakukan MGI TV. MCR sangat penting bagi sebuah siaran, mau itu siaran live atau rekaman di studio atau jika siarang secara live di luar studio. Materi siaran seperti logo MGI, program – program acara, running text dan sebagainya dilakukan di ruangan ini.

Keren kan ? Diharapkan dengan adanya TV Dakwah seperti MGI TV ini dapat membantu menyuguhkan konten televisi yang mendidik anak nusantara, sekali lagi dari pada nonton acara alay, Indonesia ini darurat konten televisi positif, dengan konten postif seperti MGI TV ini diharapkan dapat membantu generasi milenial menjadi generasi masa kini yaitu generasi milenial islami.



Jangan lupa dukung saya dengan komen dan subscribe dengan email kalian ya ! Subscribe itu gratis kok.

This Post Has 4 Comments

  1. Subhanallah…. Saya kira Kantor MGI TV teh di Icakan…

    1. Insya Allah MGI juga akan buka cabang studio nya di icakan juga, mohon doanya 😊

  2. Bener banget! media televisi besar cuman mentingin duit doang mas, gak peduli kontennya berkualitas atau tidak, yang penting rating. Itu membuat saya jadi malas nonton tv. dan juga semoga televisi-televisi islam di Indonesia tetap netral dan tidak dikuasai kepentingan politik, hehe.

    1. Iya bang, Insya Allah MGI TV tetap netral dan d jalan Islam yg semestinya 😊

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.