Setelah beberapa waktu lalu saya menulis tentang pengenalan vue.js dan persiapan peralatan yang diperlukan untuk membuat program dengan framerwork vue.js.

Tahap berikutnya yaitu cara installasi vue.js, agar bisa menggunakan vue.js, cara yang paling mudah digunakan dengan membuat sebuah file index.html, kemudian meng-includekan vue kedalam file tersebut.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk memasukan vue kedalam file index.html, dibawah ini cara-caranya :

Jika komputer yang anda gunakan terhubung ke internet , anda bisa melalui CDN dengan cara menerapkan include langsung kedalam tag <script> didalam file index.html.

Misalnya :

<script src=”https://cdn.jsdelivr.net/npm/vue”></script

Selain menggunakan CDN, anda juga bisa  menggunakan unpkg, dibawah ini cara penulisannya :

<script src=”https://unpkg.com/vue”></script>

Akan tetapi jika komputer yang anda gunakan tidak terhubung dengan internet, ada cara lain yaitu dengan mendownload vue.js, berikut langkah-langkahnya :

  • Anda bisa mengunduh file di https://vuejs.org
  • Simpan file tersebut pada folder yang sama dengan index.html
  • Selanjutnya lakukan include pada tag <script> di file index.html

Jika saya pribadi akan menggunakan cara yang ketiga, yaitu dengan mendownload file vue.js, karena diharapkan meskipun komputer yang saya gunakan tidak terkoneksi ke internet proses coding masih terus bisa berjalan.

Untuk tulisan sekarang tentang vue.js saya rasa sampai disini dulu nanti diteruskan ditulisan berikutnya. Jika anda tertarik untuk belajar bersama saya melalui blog/web ini silahkan di subcribe. Kolom subcribe berada dibawah. Semoga bermanfaat.