Mengatasi Error: Default Activity Not Found Ketika Running Project di Android Studio

Mengatasi Error: Default Activity Not Found Ketika Running Project di Android Studio

Seperti biasanya, ketika kita sedang mengerjakan sebuah project misalnya web apps, apps android/iOS, project berbasis alat dan project yang lainnya yang terkait dengan IT pastinya akan menemukan beberapa masalah error yang bisa di lihat langsung ketika dijalankan atau ketika sebelum dijalankan, akan berbeda-beda dan memiliki ciri khas tersendiri.

Yang sedang saya kerjakan sekarang adalah sebuah aplikasi berplatform android yaitu MGI TV Official, dan selama pengerjaan ada saja error yang saya alami, oh iya sebelum tulisan yang ini saya telah mendokumentasikan CARA MENGATASI HAS STOPPED SAAT PROJECT DI RUNNING DI EMULATOR, jika teman-teman mengalami hal ini bisa langsung klik saja.

Tampilan pemberitahuan Error Default Activity not Found

Bahasan tulisan saya kali ini tentang masalah Error: Default Activity Not Found (Coba lihat gambar diatas), bagaimana cara mengatasinya ? Jika teman-teman mengalami masalah seperti ini, itu artinya file AndroidManifest.xml yang biasanya secara default ada ketika mencoba membuat project baru, di file tersebut tidak ada Activity yang dideklarasikan di file AndroidManifest.xml yang ditandai sebagai Activity utama, maksudnya apa ? Nanti Activity utama ini yang akan ditampilkan di aplikasi android yang teman-teman buat ketika aplikasi tersebut dimulai. Jadi di project apps android yang teman-teman buat harus ada minimal satu Activity yang dideklarasikan, misalnya :

<activity
            android:name=".PembukaanActivity"
            android:label="@string/app_name"
            android:theme="@style/Theme.AppCompat.Light.NoActionBar">
            <intent-filter>
                <action android:name="android.intent.action.MAIN" />

                <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
            </intent-filter>
        </activity>

+

Jika teman-teman tidak memiliki minimal satu Activity yang dibuat untuk dijalankan untuk pertama kali, kemungkinan besar pesan kesalahan Error: Default Activity Not Found akan muncul.

Maka dari itu menambahkan filter dan deklarasi satu Activity yang dibuat untuk dijalankan pertama kali aplikasi dijalankan, lakukan cara yang saya bahas disini. Tapi biasanya file AndroidManifest.xml akan secara default berjalan dengan baik, kasus ini bisa saya alami karena saya melakukan perubahan di file AndroidManifest.xml.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.