Membicarakan perkembangan teknologi memang tidak ada habisnya. Dari waktu ke waktu, teknologi akan terus berkembang dan membawa banyak perubahan di segala aspek kehidupan manusia. Salah satu hasil pengembangan teknologi di bidang finansial yaitu terciptanya e-wallet atau dompet digital. Untuk mengetahuinya secara lebih jelas, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Dompet Digital

E-wallet atau dompet digital merupakan aplikasi yang digunakan untuk transaksi pembayaran secara online melalui smartphone. Dengan menggunakan e-wallet, Anda bisa bertransaksi tanpa perlu menggunakan kartu dan uang tunai (cashless). Selain mudah dan praktis, keamanan e-wallet sangat terjamin karena dilindungi dengan sandi, sehingga hanya penggunanya saja yang bisa mengaksesnya.

Tidak hanya itu saja, e-wallet juga menawarkan berbagai keuntungan, salah satunya diskon dan promo menarik layaknya kartu kredit. Maka tidak mengherankan, jika jumlah pengguna dompet digital di Indonesia terbilang tinggi.

Aplikasi Dompet Digital di Indonesia

Banyak orang mulai tertarik menggunakan e-wallet karena sering memberikan cashback yang tentunya sangat menguntungkan penggunanya. Berikut ini merupakan macam-macam dompet digital yang populer di Indonesia dan recommended diambil dari website blog qwords.

GO-PAY

Salah satu aplikasi e-wallet yang memiliki banyak pengguna yaitu GO-PAY. Aplikasi e-wallet ini dapat digunakan untuk transaksi pembayaran layanan GO-JEK seperti Go-Food, Go-Car, Go-Ride, GoPulsa, Go-Tix, dan lain sebagainya. Aplikasi e-wallet ini bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di merchant yang bekerja sama dengan GO-JEK, baik merchant online maupun offline.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu banyaknya promo menarik yang ditawarkan. Untuk segi keamanan mulai dari transaksi pembayaran, saldo, hingga informasi pribadi juga sudah tidak perlu diragukan lagi, karena sudah terdaftar di Bank Indonesia (BI).

DANA

Aplikasi e-wallet yang selanjutnya yaitu DANA. Dana merupakan aplikasi e-wallet yang bisa digunakan untuk pembayaran di gerai online maupun konvensional. Keunggulan dari e-wallet ini yaitu dukungan transaksi dan layanan yang sangat lengkap, serta fasilitas pembayaran melalui QR Code.

Sebagai salah satu aplikasi yang mengusung konsep open platform, DANA juga bekerja sama dengan Bukalapak, KFC, TIX.ID, dan Samsung PAY. Aplikasi ini juga sudah memperoleh izin dan memenuhi syarat dari Bank Indonesia terkait izin penggunaan uang elektronik, transfer uang online, dan Lembaga Keuangan Digital (LKD).

OVO

Aplikasi dompet digital terbaik lainnya yang recommended yaitu OVO. E-wallet yang satu ini merupakan favorit masyarakat Indonesia karena mudah digunakan, praktis, aman, dan sering memberikan promo menarik dan cashback. Aplikasi e-wallet ini juga sudah bekerja sama dengan banyak merchant, baik online maupun offline.

Ada dua fitur utama yang dimiliki OVO yaitu Payment untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi dan Points sebagai loyalty rewards. Points diperoleh dari transaksi yang Anda lakukan dan nantinya bisa digunakan kembali sebagai alat pembayaran dengan nilai 1 poin sama dengan Rp1,00 (1 rupiah).

LinkAja

LinkAja merupakan aplikasi e-wallet dari FinTech yang masih terbilang baru. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini dapat digunakan untuk pembayaran merchant offline yang menjadi rekanan Telkomsel dan BUMN, misalnya pembayaran pembelian BBM di pom bensin, pembayaran listrik, tagihan air PDAM, pembelian pulsa dan data internet, pengiriman uang, dan masih banyak lagi.

DOKU Wallet

DOKU Wallet merupakan salah satu pelopor aplikasi e-wallet di Indonesia yang memiliki fitur yang beragam, seperti cash wallet dan link kartu kredit yang akan memudahkan Anda dalam berbelanja, baik online maupun offline.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi e-wallet yang satu ini seperti pembelian pulsa dan paket data, pembayaran tagihan listrik, telepon, air, BPJS Kesehatan, dan pembayaran cicilan multifinance, serta pembayaran Spotify dan TV berlangganan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan transfer ke sesama pengguna DOKU, penarikan tunai, dan transfer ke rekening bank.

Keuntungan Pakai Dompet Digital

Ada orang yang mulai beralih menggunakan e-wallet karena menawarkan banyak keuntungan antara lain:

  • E-wallet sangat mudah digunakan, praktis, dan efisien. Anda bisa melakukan berbagai macam pembayaran mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, pembelian pulsa dan paket data, hingga pembayaran TV berlangganan. Karena semuanya bisa dilakukan melalui e-wallet, Anda tidak perlu ke ATM atau kantor agen PLN untuk bertransaksi.
  • Keamanan e-wallet sangat terjamin. Jika dompet hilang, otomatis Anda akan kehilangan uang tunai, kartu identitas, kartu ATM, dan kartu-kartu lainnya. Namun, jika Anda menggunakan e-wallet dan handphone Anda hilang, maka saldo yang Anda miliki di e-wallet tidak akan hilang karena sudah dilindungi dengan password atau sandi.
  • Karena menggunakan aplikasi yang terpasang pada handphone, Anda bisa melakukan transaksi pembayaran dan top up dimanapun dan kapanpun tanpa memerlukan uang tunai lagi.
  • Keuntungan menggunakan e-wallet yang paling disukai pengguna adalah banyaknya penawaran promo menarik, mulai dari potongan harga, bonus, hingga cashback besar-besar.

Penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan Anda tentang pengertian dan aplikasi dompet digital yang recommended. Bagi Anda yang belum menggunakan e-wallet, Anda bisa mulai mempertimbangkannya karena banyaknya keuntungan yang akan didapatkan, dijamin lebih aman, dan tentunya lebih praktis.