#MasaSih 2 – Private Browsing Menutup Aktivitas Kita Di Dunia Maya

#MasaSih 2 – Private Browsing Menutup Aktivitas Kita Di Dunia Maya

Postingan artikel ini adalah seri dari Masa Sih ?, didalam seri artikel ini saya akan post bertema teknologi yang sifatnya umum dan beredar di masyarakat umum yang seringkali dijumpai sehari-hari, postingan ini saya terinspirasi dari postingan the series Ghibah Programmer dari blognya kang Irfan Maulana. Hanya saja di blognya kang Irfan itu membahas seputar programmer, maka di blog saya, series nya saya alihkan ke topik Teknologi secara umum.

Teknologi adalah industri yang dibangun berdasarkan ilmu sains, dan didunia teknologi memiliki banyak yang perlu dipertanyakan. Masa Sih ? yaps seperti itu, saya berikan contoh ada banyak orang percaya bahwa ketika gadget telalu lama di charge maka akan menyebabkan baterai overload, tapi faktanya tidak seperti itu, umumnya setiap gadget (smartphone, tablet dll) memiliki chip yang bisa mencegah overcharging, ketika baterai gadget sudah mencapai 100%, proses pengisian daya akan berhenti, sebagai perlindungan juga biasanya charging juga dilengkapi teknologi penangkal overcharging. Tapi, agar aman tetap ketika proses charging jangan di tinggal sembarangan dan simpan ketika charging di tempat dengan sirkulasi udara yang baik agar baterai tetap awet, Masa Sih ? Yaps betul ^_^


Private Browsing adalah salah satu fitur yang disediakan browser seperti Chrome, Mozilla Firefox dan browser yang lainnya, fitur ini cukup berguna memang, tetapi itu tergantung kamu bagaimana memahaminya kegunaan yang ditawarkan, fitur ini berguna untuk menutup setiap aktivitas kamu dari seseorang yang juga menggunakan komputer kamu.

Tapi di masyarakat sendiri, banyak yang percaya jika private browsing ini bisa menyembunyikan setiap aktivitasnya di Internet, Tapi faktanya, mode privasi browsing hanya menyembunyikan informasi seperti halnya kamu mengunjungi situs yang kamu akses, password dan juga cookies tidak tercatat diperangkat yang kamu gunakan.

Atau lebih jelasnya, mode private browsing itu hanya menutup setiap aktivitas online kamu dari orang lain yang menggunakan perangkat yang sama dengan kamu, dan semua penyedia layanan internet, operator seluler dan browser web tersebut tetap mencatat setiap aktivitas kamu di dunia maya sekalipun kamu menggunakan private browsing.

Dan jika kamu menggunakan fasilitas Wi-Fi atau koneksi internet di kantor kamu, admin dari jaringan tersebut masih bisa melihat setiap aktivitas kamu di dunia maya.

Setiap perangkat yang ada dunia ini rata-rata terhubung dengan internet dan pastinya setiap perangkat memiliki alamat IP, alamat ini fungsinya untuk identitas dan juga sebagai tanda sebuah lokasi, IP ini masih dapat dilacak sekalipun anda menggunakan mode privasi browsing.

Sekalinpun kamu menggunakan mode privasi browsing, data mu tetap dapat dipakai penyedia iklan seperti Google Ads untuk dimanfaatkan dalam membangun penayangan yang relevan.

Apakah kamu masih yakin tidak ada orang yang tau ketika kamu browsing yang “aneh-aneh” di internet ? Mereka bisa melihat kamu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.