Ketika sedang mempersiapkan konten video pendek untuk akun Instagram yang saya kelola yaitu @pesan_singkat_ulama, rekan saya disebelah mengatakan “Sekarang eranya nonton video youtube dan orang-orang sudah tidak mau membaca blog” sambil menepuk pundak saya. Rekan saya ini menepuk pundak sambil berkata seperti itu karena tau bahwa saya suka menulis di blog & membaca artikel maupun buku.

Sebelum rekan kerja saya berkata seperti itu, sebenarnya saya sudah lama memikirkan apakah memang blog akan ditinggalkan pembacanya ? mungkin kamu juga memikirkan hal yang sama.

Apakah bloging atau vloging yang lebih baik ?

Apapun itu, pendapat saya yang benar adalah kedua platform ini timbul pro & kontra. Pada kenyataannya tidak semua orang cocok dengan tulisan di blog dan tidak semua orang bisa mengakses video dengan baik.

Tapi, jelas sekali sih industri video di youtube sangat besar sekali sekarang. Bahkan, saya adalah salah satu dari jutaan orang yang suka menonton youtube setiap harinya & menikmati apa yang dibuat oleh para content creator di youtube.

Tapi…..

Mari kita fokus kepada pernyataan teman saya diawal paragraf, kita berfokus kepada tulisan yang saya cetak tebal dan diberi warna merah yaitu orang-orang sudah tidak mau membaca blog.

Ijinkan saya bertanya, menurut kamu ada berapa orang yang membaca dan membuka halaman blog setiap bulannya ? Jawabannya adalah 409 juta orang setiap bulan yang melihat lebih dari 20 milliar halaman blog (cek datanya disini)

Saya rasa itu bukan jumlah yang sedikit, bahkan 77% orang didunia menggunakan internet untuk membaca blog.

Dan, bisa saja ketika mereka mencari sesuatu di Google. Ada kemungkinan besar pengguna internet mengklik blog yang muncul dihalaman pertama Google.

Bahkan, mungkin saja banyak pengguna menghabiskan waktu di blog untuk mendapatkan artikel yang dibutuhkan misalnya tutorial, review gadget atau cek harga gadget.

Jadi, tidak tepat jika mengatakan orang-orang sudah tidak membaca blog. Memang, sekarang blog tidak seperti dulu bisa dibilang sekarang yang naik daun adalah konten vlog.

Jadi bagaimana menurut kamu, apakah vlog jauh lebih baik dari blog ? Jawaban saya adalah…… tergantung

Intinya semakin sering kamu mengunjungi blog untuk mendapatkan informasi, maka kamu akan semakin melihat berapa banyak faktor yang berbeda antara blog dan vlog.

Kalimat terakhir dari saya “Baju yang kita pakai belum tentu cocok dipakai oleh teman disampingmu”