Apa itu Vue.js ?

Vue.js dibaca vyuu atau viuu yang merupakan sebuah framework yang digunakan untuk membangun tampilan user interface dengan mengacu kepada MVC (Model-view-controller).

Seperti yang kita tau, MVC merupakan sebuah metode untuk membangun aplikasi dengan memisahkan antara manipulasi data (Model), tampilan untuk user(view) serta bagaimanca cara memprosesnya (Controller).

Vue.js sendiri adalah proyek open source dengan dibawah lisensi MIT yang diciptakan oleh Evan You yang sebelumnya telah mengembangkan framework javascript besutan Google yaitu AngularJS pada bulan Februari 2014, sehingga konsep pada Vue.js banyak mengadaptasi dari AngularJS, misalnya seperti konsep direactive dan expression.

Vue sendiri bekerja pada layer view, sehingga dapat lebih mudah didalam mengintegrasikannya dengan library lainnya. Vue juga cukup baik dalam membangun SPA (Single Page Aplications).

saya harapkan sebelum memulai mempelajari Vue.js diharapkan anda telah memiliki pengetahuan dasar mengenai :

  • HTML
  • CSS
  • Dasar-Dasar Javascript

Akan tetapi, jika anda benar-benar masih baru pada dunia front end developer, jangan khawatir karena saya sudah membuat beberapa tulisan mengenai Dasar-dasar html di website ini.

Perlengkapan Tempur

Saya menyebutnya dengan perlengkapan tempur, karena ini adalah macam-macam tools yang kita butuhkan.

PC/Laptop

Ini alat yang cukup krusial, pastikan anda memiliki salah satunya (bisa menggunakan komputer lab, warnet dll), Pastikan PC/laptop anda dilengkapi dengan sistem operasi GUI, anda bisa menggunakan sistem operasi apapun asalkan GUI, kenapa begitu ? karena menurut saya akan repot jika menggunakan sistem operasi berbasis teks.

Browser

Gunakan browser yang memiliki fasilitas yang baik dan nyaman, baik secara performa, browser yang digunakan bebas, tapi disini saya menggunakan Chrome.

Editor

Editor nanti digunakan untuk menulis script, saya sarankan anda menggunakan editor yang memang digunakan untuk pemrograman web. Misalnya Sublime Text, Komodo edit, Bracket, Atom, atau Microsoft visual studio code.

Saya sendiri menggunakan Microsoft Visual Studio Code, karena editor ini gratis dan fitur yang cukup baik.

Live Server Plugin

Tools ini digunakan untuk menguji aplikasi yang akan dibuat nanti, terdapat fasilitas yang menarik misalnya auto-load, sehingga tidak perlu melakukan refresh setiap kali program dibuat.

  • Jika menggunakan microsoft visual studio untuk mendapatkan tools ini yaitu dengan cara icon extension di klik (icon nya terdapat disebelah kiri) lalu klik live server, kemudian tekan tombol install
  • Untuk atom editor : FIle –  Settings – install, lalu ketik atom-live-server

Koneksi Internet

Koneksi internet sangat perlu untuk mempersiapkan semuanya misalnya tools, download vue.js, install node.js, vue CLI, memasang bootsrap dan install laravel.