Sejak jaman sekolah menengah kejuruan, seringkali membayangkan “kayaknya seru bekerja sesuai hobi” mungkin hampir banyak orang lain merasakan hal yg sama jika bekerja sesuai hobi kita akan terasa menyenangkan, selain hobi yang kita geluti tersalurkan, kita pun bisa mendapatkan uang dari hobi itu.

Pekerjaan adalah salah satu aktivitas yang dilakukan secara berulang. Awalnya memang menyenangkan hobi menjadi pekerjaan. Tetapi sesuatu yg dilakukan secara berulang-ulang akan lebih cenderung bosan dan sampai pada posisi jenuh, parahnya sampai ke burnout.

Hobi saya yaitu ngoprek pemrograman komputer, saya sudah memiliki hobi ini ketika SMK ditambah sekarang saya bekerja yg berhubungan dengan pemrograman. Di tahun pertama terasa sangat menyenangkan. Beberapa tahun berikutnya masih menyenangkan, tapi ada momen dimana saya merasa jenuh sekali dan saya pun merasakan apa yg disebut dengan burnout. Definisi burnout menurut Freudenberger adalah “istilah psikologi yg menggambarkan perasaan kelesuan akibat tuntutan yg membebankan kemampuan seseorang”.

Simple nya saya definisikan dari perasaan burnout yg saya rasakan baru-baru ini : ngoding dimana pun malas, dirumah malas, dikantor malas, cafe internet malas. Jadi, waktu bekerja (ngoding) terasa sangat lama, tidak fokus dan parahnya terkadang merasa terpaksa. Ini yg membuat stress, ngoding lama didepan komputer tapi hasilnya tidak seberapa alias tidak produktif.

Perlunya Mencari Hobi Baru

Untuk mengatasi hal tersebut saya menemukan salah satu solusinya dan sudah saya terapkan adalah memiliki hobi lain selain programming.

Didunia ini masih banyak hal menarik lainnya yg belum kita coba atau bahkan kita tertinggal tentang itu. Tanpa kita mencoba hal baru bagaimana kita bisa mendapatkan sebuah kepuasan atau suasana yg baru ?

Saya sendiri memilih hobi baru memasak, tidak ada pertimbangan khusus untuk memilih hobi ini. Awalnya coba-coba saja dan istri saya mengatakan senang memakan masakan saya karena lumayan enak katanya. Disitulah saya jadi ketagihan memasak karena bisa membuat orang lain senang.

Jika saya tidak mencoba hal baru, mungkin sampai saat ini saya akan tetap jenuh ketika ngoding. Untuk sebagian orang mencoba hal baru memerlukan keberanian, keberanian melawan perasaan nyaman dan perulangan. Perasaan nyaman disini bukan definisi nyaman yg ada dikamus tapi perasaan terbuai. Karena terbuai ini kita tidak berani melakukan hal baru karena sudah malas bergerak.

Mengeksplorasi

Perlu diakui memang, kita jarang sekali mengeksplor hal-hal baru. Contoh yang paling gampang adalah tentang tempat kita membeli makanan pasti disitu-situ saja, padahal penjual makanan disekitaran kita ada banyak.

Sepertinya perasaan mudah nyaman atau terbuai serta perulangan adalah salah satu yg paling sering kita alami. Dan mungkin saja memang hal tersebut yg membuat sedikitnya inovasi yg lahir dalam diri kita. Coba sebutkan inovasi apa yg dilahirkan dari hal-hal lama yg kita lakukan ? Saya pribadi sih tidak ada. Secara definisi saja inovasi adalah hal baru, dan hal baru hanya bisa dilahirkan dari berani mencoba dan mengeksplorasi.

Salah satu pesan Kakek rahimahullah yg akan terus saya ingat adalah ketika saya ragu untuk mencoba hobi baru (memasak). Pesan kakek saya memberikan saya motivasi untuk tidak ragu.

Ketika sudah tua bukan menyesal melakukan sesuatu tapi menyesal karena tidak melakukan sesuatu.

By the way sampai saat ini saya sudah memasak 7 menu makanan. Oh iya, sekarang saya sedang memikirkan akan masak apa nih untuk menyenangkan istri saya. Jika ada saran saya bikin masakan apa nanti untuk istri, silahkan tinggalkan dikolom komentar.