Tulisan ini adalah motivasi untuk diriku sendiri sih. Pernah gak sih kamu melakukan sesuatu tapi tidak diselesaikan sampai beres malah mengerjakan hal yang lain ? Saya pernah mengalaminya. Misalnya saja membeli buku tapi bukunya malah tertumpuk buku baru padahal belum selesai dibaca. Mengikuti Project latihan di Dicoding tapi tidak selesai, mengikuti challange satu hari satu postingan di blog malah tidak pernah setor atau bilang “aku akan setor hafalan qur’an dan rajin ke kajian minimal seminggu 2-3 kali” nyata nya selama 2 minggu tidak setor hafalan dan kajian terdekat aja tidak datang.

Baca juga : Konflik IT Kerja Di Perusahaan Non IT

Lalu apa penyebab semua ini ? Kira-kira ada beberapa alasannya yaitu males, gak ada waktu karena kesibukan aktivitas sehari-hari dan tidak menjadi prioritas. Misalnya seperti ini, membaca buku dan project latihan tujuannya ada untuk belajar dan update skill

alasan tidak selesai biasanya karena tidak ada waktu dan lebih memprioritaskan kesibukan sehari-hari,seperti bekerja dll.

Berbeda dengan hafalan qur’an dan menuntut ilmu agama. Untuk lebih dekat dengan Nya, untuk bekal menjalani kehidupan ini dan beribadah serta mendapatkan banyak manfaat dunia serta akhirat. Dan seharusnya untuk menghafal qur’an dan menuntut ilmu agama ini tidak ada kata males tapi nyatanya ada saja alasan untuk tidak melakukannya. Biasanya alasannya cape, banyak kerjaan dan lain sebagainya, huft…. Terlebih dalam hal ini godaan nya berat, selain godaan oleh kesibukan ada godaan lain yang tidak bisa dilihat namun sudah berkomitmen dari dulu untuk mengganggu manusia dalam beribadah.

Baca juga : Berkunjung Ke Istana Raja

Maka dari itu mulai dari sekarang, membuat list kegiatan mulai dari yang paling prioritas. Kalo saya tidak melakukan sesuatu atau ada yg terlewat dari jadwal, saya akan menghukum diri saya sendiri misal dengan push up atau dengan hal lain. Tapi, jika saya dapat menyelesaikan nya secara rutin tanpa bolong, saya akan memberikan reward untuk diri sendiri. Misal dengan membeli barang yg paling di inginkan atau makanan yang paling ingin dicoba sebagai bentuk reward dan motivasi. Tujuannya untuk apa ? Yap, tujuannya adalah untuk membangun mental yang menyelesaikan segala sesuatu yang sudah dimulai tidak terputus ditengah jalan. Dimulai dari buat list dan jadwal, berikan reward jika selesai dan berikan sanksi jika tidak selesai.

Baca juga : Perusahaan Bermanfaat Untuk Saya

Bagaimana,pernah memulai sesuatu tapi tidak selesai ? Lalu seperti apa mengatasinya ? Share di kolom komentar ya !