Setelah sekian waktu yang cukup singkat saya menyelesaikan sebuah project aplikasi, pastinya selama proses pembuatan aplikasi tersebut akan banyak try and error dan sebagian sudah saya dokumentasikan di blog saya ini salah satunya ketika saya mengalami error Has Stopped saat di Running dan
error Activity Not Found semua itu sudah dapat diatasi dan jika teman-teman mengalami hal ini, bisa mencoba solusi yang saya gunakan untuk menyelesaikannya, Tentunya setiap kasus yang sama terkadang memerlukan penyelesaian yang berbeda.

Lalu, tulisan kali ini membahas apa ? bahasan sekarang adalah tentang error ketika aplikasi sudah di upload ke Google Play Store, ketika sudah di upload di katalog aplikasinya hanya mendukung 181 perangkat dan semuanya Android TV, tidak ada satu pun mendukung untuk smartphone. Padahal ketika di tes menggunakan device ataupun emulator berjalan dengan baik. Apa masalahnya ?

Selama penyelesaian kasus ini saya membutuhkan waktu sekitar 2 hari dan di bantu teman asal Jawa Timur dia juga seorang programmer, dimulai saya bertanya di forum-forum tapi ada yang mengalami hal yang sama dan solusinya bekerja untuk dia tapi  tidak bekerja dengan baik untuk saya, sampai akhirnya saya meminta bantuan bertanya ke beberapa teman programmer, akhirnya ketemu masalahnya yaitu di metadata aplikasi yang bermasalah, di metadata tersebuat ada kode untuk sebuah fitur yang hanya support untuk Android TV, sehingga system Google Play mendeteksi aplikasi ini untuk Android TV.

Metada di aplikasi ini biasanya berhubungan dengan apa yang tertulis di gradle dan file AndroidManifest, jika teman-teman mengalami hal yang sama, teman-teman bisa menghapus kodeandroid.support.v17.leanback,karena kode ini akan menghasilkan fitur leanback untuk Android TV, setelah menghapus kode tersebut di Gradle dan file AndroidManifest sekarang ada sebanyak 11rb an perangkat kalo tidak salah yang kompitible dengan aplikasi ini dan sudah bisa di download, jika teman-teman ingin mencobanya bisa mengunjungi Google Play Store dengan kata kunci MGI TV OFFICIAL dan saya tunggu tanggapan dari teman-teman, Aplikasi tersebut masih versi BETA dan kami tentunya akan terus update agar menjadi aplikasi yang lebih baik lagi.