AR

mainkit.id – Beberapa saat yang lalu di Indonesia booming dengan game Pokemon yaitu sebuah game yang menggunakan teknologi Argumented Reality. Teknologi ini seolah olah booming baru ini, padahal sebenarnya Argumented Reality ini sudah dikembangkan sejak lama yaitu pada tahun 1996 dan terus berkembang hingga saat ini. Dan teknologi ini sudah diterapkan dalam berbagai hal seperti dalam google glass, hiburan, advertising, liputan prakiraan cuaca dan game.

Lantas, apakah itu Argumented Reality ? singkatnya adalah sebuah teknologi yang mampu untuk menambahkan benda maya ke dalam lingkungan nyata. Teknologi terdengar cukup sederhana namun sebenarnya lebih dari itu. Dalam teknologi Argumented Reality ini terdapat 2 metode yaitu marker based AR dan makerless AR.



  • Marker Based AR

Cara kerja dari metode ini adalah dengan memindai sebuah tanda atau marker. Tanda tersebut nmerupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan memiliki background putih dan kemudian perangkat komputer akan mengenali orientasi dan posisi tanda. Pada koordinat yang ditunjukan marker kemudian menciptakan benda virtual 3D.

  • Markerless AR

Sesuai dengan namanya, metode ini merupakan metode yang tidak memerlukan lagi tanda untuk menampilkan sebuah objek maya. Adapau cara kerja dari metode ini adalah memindai objek nyata dan memiliki ruang lingkup yang lebih luas daripada marker bases AR.

Berbagai teknik dilakukan untuk mengembangkan metode Markerless AR dan berikut ini adalah beberapa teknik yang dikembangkan :

  • 3D Objek Tracking

Teknik 3D objek ini adalah teknik yang dikembangkan untuk mengenali semua gambar bentuk benda yang berada di sekitar, seperti meja, cangkir, mobil dan lain-lain.

  • Face tracking

Teknik ini membuat komputer menjadi mampu untuk mengenali wajah manusia secara umum seperti mengenali bagian hidung, mata dan mulut yang kemudian mengabaikan objek lainnya yang berada di sekitar wajah. Contoh pengaplikasian teknik ini adalah pada Snapchat.

  • Location based

Nah, tekniik ini merupakan teknik yang sering digunakan dalam AR dan suatu hal yang menjadi keunggulan teknik ini adalah ketersediaan smartphone dan deteksi lokasi. Cara kerja dari metode ini adalah dengan mendeteksi lokasi pengguna dan berorientasi dengan membaca data dari mobile GPS, akselerometer dan kompas digital yang kemudian menambahkan informasi berupa benda maya yang hanya dapat dilihat dari layar kamera ponsel. Tentu saja anda mengetahui karena teknik ini yang diterapkan pada game Pokemon GO yang pernah booming sebelumnya.

  • Motion tracking

Teknik AR yang satu ini adalah komputer yang dapat menangkap gerakan dan teknik ini telah digunakan dengan ekstensif dalam kegiatan produksi film dan mensimulasikan gerakannya.

Selain yang telah dijelaskan dengan singkat, tentunya AR mengalami kemajuan dan masih terdapat AR yang lebih maju.

Dengan membaca penjelasan diatas maka game Pokemon GO bukan hanya satu- satunya teknologi AR bahkan hanya sebagian implementasi dari AR.