Belum lama ini perusahaan tempat saya bekerja menerima pemberitahuan seperti dibawah ini :

Karena takut terjadi sesuatu terhadap akun adsense yang dimiliki perusahaan tempat saya bekerja, saya langsung saja melakukan tindakan dan diantarkan ke halaman diatas, dan ternyata pemberitahuan tersebut adalah saran untuk mengaktifkan ads.txt, file ini dapat melindungi penerbit dari penipuan iklan dan juga dengan mengaktifkan file ini yaitu memiliki potensi penghasilan meningkat.

Tentang Ads.txt

File ini memungkinkan penerbit memiliki kontrol penuh siapa aja yang mengijinkan untuk memasang iklan di situs nya.

Ads.txt merupakan inisiatif IAB Tech Lab yaitu sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada peningkatan standar pengiklanan digital.

Hal ini didukung oleh platfom seperti Google yaitu platform iklan Google Adsense, Doubleclick,  dan Ad Exchance. Inisiatif ini juga didukung oleh platform lainnya juga.

Mengaktifkan file ads.txt tidak wajib, tapi direkomendasikan.

Ads.txt itu penting, Ini Alasannya

Saat ini banyak penipuan iklan yang telah menghabiskan uang jutaan yang telah merugikan penerbit dan pengiklan online. orang dengan niat jahat akan terus menerus mengelabui platform iklan dengan spoofing domain, klik palsu dan lain sebagainya.

Dengan file ads.txt ini kita bisa memastikan kepada calon pemasang ikaln bahwa website atau blog kita merupakan mitra resmi. Dengan begitu mereka tidak perlu merasa khawatir untuk memasang iklan mereka di website tersebut. Didalam Google Adsense, dengan adanya file tersebut mereka dapat dengan mudah lelang ke website kita, Kurang lebih begini cara kerja nya :

Misalnya saja anda adalah seorang pengiklan dan ada seseorang yang menawarkan kepada anda  berupa jasa iklan di website nya, maka anda bisa mengecek nya dengan cara memeriksa file ads.txt di situs website tersebut, file tersebut sebagai ciri bahwa perusahaan tersebut memiliki izin untuk menjual space iklan di websitenya.

Karena file tersebut disediakan memang untuk umum jadi calon pemasang iklan dapat mengecek nya secara langsung.

Tapi, misalnya saja jika anda memang ingin menampilkan iklan di website anda dari platform iklan seperti Google Adsense, Doubleclick, atau Ad Exchance maka disarankan file Ads.txt diaktifkan.

Cara mengaktifkan Ads.txt

Disini saya mengatifkan ads.txt melalui cpanel atau upload file nya ke root, Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu anda menulis kode ads diatas di screenshot diatas di notepad dan anda simpan dengan format txt (ads.txt), selanjutnya buka Cpanel dari website yang anda kelola dan masuk ke bagian File Manager atau Pengelola File.

Kalo saya tidak melalui login Cpanel di browser tapi saya menggunakan File Zilla, sama seperti diatas hanya saja saya login ke Cpanel menggunakan File Zila, lihat dibawah ini :

Sama seperti login ke Cpanel anda cari folder Public_html lalu buka dan file ads.txt tersebut di copy ke folder Public_html dengan menggunakan FileZilla.

Lalu, anda bisa cek apakah file tersebut bekerja dengan baik atau tidak, dengan cara namadomainanda.com/ads.txt . Jika muncul kode yang sama dengan kode yang sama ketika mengakses domain tersebut.

Maka file ads.txt sudah berhasil aktif. Kode tersebut bisa ditambahkan lebih banyak lagi jika website anda memiliki lebih banyak platform iklan.

Jika ada cara lain yang lebih mudah, jangan lupa bagian di komen ya !