Google Analytics merupakan sistem yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google. Sistem ini adalah sistem yang paling populer didunia saat ini. Sistem ini sangat membantu dalam melaporkan perkembangan kunjungan sebuah situs web. Pembahasan sekarang tentang mengapa sistem ini sangat populer didunia dan apa tujuan dari penggunan sistem ini ?

Mengetahui analisis pengunjung website setiap harinya ini sangat penting. Google analytics bisa melakukan hal tersebut, google analytics mengumpulkan setiap informasi mulai dari mana pengguna berasal dan aktivitas pengguna ketika mengunjungi sebuah situs web.

Untuk menggunakan google analytics tentu tidak sulit yang anda bayangkan, anda hanya cukup menggunakan akun Google yang anda miliki lalu buka url analytics.google.com selanjutnya anda tinggal tambahkan situs anda sesuai intruksi yang diberikan, sistem Google ini akan memberikan anda script yang berfungsi menghubungkan website anda dengan Google Analytics. Ketika berhasil terhubung kini setiap aktivitas di website anda akan tercatat dan tersimpan di akun Google Analytics anda.

Manfaat Google Analytics

Sistem ini sangat bermanfaat, ketika anda memiliki informasi tentang aktivitas pengguna di situs anda dengan begitu anda bisa merencanakan strategi marketing, menganalisis lalu lintas eksternal dan meningkatkan konversi yang tepat dan mudah untuk memberikan penawaran kepada calon pemasang iklan di website anda. Agar lebih jelas, mari kita lihat beberapa hal yang bisa dilakukan Google analytics untuk situs website anda.

Browser & OS

Didalam laporan yang diberikan dibawah ini, anda bisa melihat pengguna browser maupun OS yang pernah membuka website anda, contoh laporan ini saya ambil dari website yang saya kelola yaitu sebuah perusahaan media lokal yang ada di Kota Tasikmalaya.

Selain itu, di laporan ini anda akan menemukan berapa lama pengguna berada didalam website anda, di laporan ini juga anda dapat mengetahui browser yang populer dikalangan pengguna yang mengunjungi website anda.

Jika anda perhatikan gambar diatas, untuk android dan iOS durasi nya rendah dibandingkan Windows yang bisa sampai 3 menit. Mungkin saja ini ada kesalahan dalam versi seluler. Maka dari itu, perlunya ada pengujian untuk halaman-halaman versi responsif di website anda.

Path: Audiens => Teknologi => Browser & OS

Tampilan Halaman

Untuk laporan yang satu ini, anda bisa melihat halaman mana yang paling sering di kunjungi oleh pengunjung website anda, laporan ini menunjukan popularitas halaman dari website anda, dengan begitu anda bisa menentukan apa yang pengguna website anda sukai, dan halaman mana yang seringkali mereka kunjungi.

Path: Prilaku => Konten situs => Semua halaman

Sumber pengguna

Dari laporan ini anda dapat mengetahui dari mana pengguna berasal. Berdasarkan lamanya tinggal di website anda, dengan begitu anda bisa mengetahui kualitas lalu lintas yang anda terima.

Seperti yang ditunjukan di gambar diatas, sumber pencarian secara organic di google yang rendah dibanding direct (black traffic). Ini sangat penting untuk dipikirkan bagaimana caranya meningkatkan pencarian secara organic di google.

Path: Akuisisi => Semua Traffic => Sumber/Media

Nah itu seklias tentang Google Analytics dan manfaatnya yang luar biasa, jika masih ada manfaat luar biasa lainnya tentang Google Analytics, silahkan komen dibawah ya !