Ditengah – tengah proses penyelesaian beberapa bug, saya teringat diskusi saya dengan rekan kerja di divisi lain (divisi non programmer), kalo tidak salah dua pekan yang lalu.

Waktu itu saya dengan si fulan membahas mengenai aplikasi dan beliau memberikan opini kurang lebih seperti ini “Perusahaan yang fokus produknya bukan produk teknologi yaitu hanya berupa file digital audio dan video tidak ada untungnya membuat aplikasi mobile sendiri, cukup dengan platform yang ada seperti media sosial dll untuk menyebarkan produknya, jadi tidak perlu aplikasi mobile”.

Setiap orang bebas memiliki pandangannya sendiri, tapi disini saya berbeda pandangan. selama saya bekerja sebagai developers/programmers, saya memperhatikan orang-orang disekitar dan saya sendiri dalam berprilaku mengkonsumsi produk digital seperti video, audio, serta trend teknologi dan riset kecil tentang peluang dan manfaat menggunakan teknologi untuk keberlangsungan suatu bisnis serta bagaimana memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan brand awareness, dari situ mungkin pemikiran saya kurang setuju dengan pernyataan si fulan diatas.

Pernyataan si fulan diatas untuk bagian terakhir tentang produk perusahaan bisa disebar dengan media sosial. Hal itu benar, sekarang ini apapun bisa disebar di medsos, bahkan orang yang jualan produk non digital seperti madu dan habbatussauda bisa dengan mudah menyebarkan produknya keseluruh negeri melalui media sosial. Tapi, yang saya bahas disini bukan tentang cara penyebarannya, fungsi dan dampak dari aplikasi mobile tidak sesederhana itu. Sebelum saya memaparkan alasannya saya tidak setuju dengan pernyataan diatas. Saya minta tolong kepada kamu untuk menjawab pertanyaan dibawah. Jawaban bisa di taro di kolom komentar.

Jawab Pertanyaan dibawah ini :

  • Seberapa sering kamu menggunakan smartphone untuk membuka hanya untuk chat nonton video ?
  • ketika akan chat atau nonton video, apakah kamu membuka website officialnya atau aplikasinya ?
  • Seberapa sering kamu membuka website facebook.com di gadget kamu ?
  • Seberapa sering kamu membuka aplikasi facebook di gadget kamu ?
  • Seberapa sering kamu nonton video di youtube menggunakan youtube.com di gadget kamu ?
  • Seberapa sering kamu nonton video youtube di aplikasi youtube ?
  • Menurut kamu kenapa e-commerce di indonesia seperti tokopedia, bukalapak, shopee memiliki aplikasi mobile ?

Saya tunggu jawaban kamu ya !

Nah, kita lanjutkan ya, saya akan paparkan sesingkat mungkin kenapa saya tidak setuju dengan pandangan diatas, ini adalah pandangan saya jadi kamu punya hak untuk tidak sama.

Bermula dari data bersumber eMarketer tahun 2015 yaitu pada tahun 2016 – 2019 pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia meningkat pesat yaitu antara 65 juta pengguna sampai ditahun 2019 mencapai 95 juta.

Menurut saya peluangnya besar pengguna lebih sering menggunakan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya live stream video dan chattingan.

Baca juga : Hadirnya Aplikasi MGI TV, mudahkan dalam menuntut ilmu

Manfaat Menggunakan Aplikasi Seluler Untuk Kebutuhan Bisnis

Loyalitas Pelanggan

Dengan menggunakan aplikasi mobile kita dapat meningkatkan loyalitas pengguna/pelanggan, karena dapat memungkinkan berkomunikasi secara langsung dan secara otomatis memfilter dari layanan yang lainnya. Serta pengguna bisa mendapatkan pemberitahuan berupa notification secara personal ke ponselnya dengan begitu pengguna akan terbantu mengetahui info terbaru karena di ingatkan melalui notif.

Membantu Anda Ketika Akan Berimprovisasi

Menciptakan Brand Awareness

Aplikasi mobile dapat membantu perusahaan kamu dalam menciptakan ketertarikan dan memperkuat brand kamu. Bayangkan, aplikasi mobile yang terinstall di smartphone pengguna secara permanen memiliki icon di gadgetnya. Menjalankan aplikasi hanya dengan mengklik icon adalah cara yang praktis dari pada harus membuka browser lalu mengetik URLnya. Terlebih, aplikasi mobile dapat membuat pelanggan terlibat secara langsung dan semakin pengguna akan lebih dekat dengan layanan kita, tinggal kita semaksimal mungkin meningkatkan aplikasi sesuai kebutuhan pengguna.

Sumber Data & Informasi

Dengan aplikasi mobile dapat dengan mudah mencari informasi mengenai preferensi pelanggan/penggun dan pola prilaku pengguna untuk memungkinkan mereka membuat suatu keputusan penting berdasarkan data yang terlah terakumulasi. Hal ini memiliki peran yang luas dalam meningkatkan kualitas dan meningkatkan pengalaman pengguna/pelanggan.

Baca Juga : Yang perlu dimiliki developers bukan hanya keahlian coding

Nah itu, makanya saya kurang setuju pernyataan si fulan diatas. Tapi, ini pendapat saya. Jika kamu memiliki pendapat lain, silahkan share di kolom komentar. Karena saya yakin manfaatnya tidak hanya ini, jadi saya perlu bantuan kalian untuk menambahkan manfaat lainnya yang tidak saya tulis.