Belajar Bahasa Pemrograman

mainkit.id – Belajar bahasa pemrograman menjadi suatu hal yang menarik namun terkadang membuat orang yang sedang belajar bahasa pemrograman┬ámerasa frustasi karena berbagai hal. Hal itu terjadi ketika alur yang kita miliki harus diubah menjadi bahasa pemrograman yang bahasanya dimengerti oleh komputer. Banyak cara atau tips yang telah dimuat untuk belajar bahasa pemrograman.

Ketika anda seorang siswa atau mahasiswa yang memang bergelut dengan bahasa pemrograman, tentu saja materi di sekolah atau dikampus saja tidaklah cukup. Disamping itu, dalam penguasaan pemrogrman tentu harus sejalan dengan pengalaman pribadi.




Anda tidak harus mencari 100 resep rahasia agar mahir bahasa pemrograman atau pergi ke berbagai tempat kursus dengan biaya yang tidak murah, tapi cukup dengan menerapkan tips simple ini maka kemampuan pemrograman anda akan semakin berkembang dengan potensi diri yang anda miliki. Anda hanya perlu mengikuti cara berikut ini :

Tips belajar bahasa pemrograman

Memilih bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman banyak jenisnya sehingga hal ini menjadi langkah yang awal yang harus dipilih. Bukan hal aneh lagi jika saat ini bahasa bahasa pemrograman semakin berkembang. Jika anda ingin mulai terjun ke dunia pemrograman maka mulai saat ini tentukan pilihan bahasa bahasa pemrograman anda. Anda sangat tidak disarankan untuk mempelajari banyak bahasa bahasa pemrograman sekaligus karena hal itu akan sangat menguras kinerja otak anda.

Cukup dengan memilih satu bahsa bahasa pemrograman yang anda anggap paling mudah. Sesuaikan dengan kemampuan anda dan anda juga tidak disarankan untuk serakah seperti langsung mempelajari level bahasa bahasa pemrograman yang sulit, tapi belajarlah dengan cara bertahap. Dengan cara tersebut maka tidak diragukan lagi bahwa skill anda akan meningkat secara perlahan dan pasti.

Sumber dan forum belajar bahasa pemrograman yang tepat

Ketika skill pemrogrman anda semakin baik, maka anda juga tidak boleh salah langkah dalam memilih sumber dan forum untuk belajar pemrograman. Pastikan bahwa anda memiliki sumber yang legal dan terpercaya sehingga anda tidak akan salah dalam mempelajari dan memahami materi bahasa pemrograman yang terdapat dalam halaman tersebut tersebut. Dan gunakan jejaring sosial media anda untuk bergabung dengan forum- forum belajar bahasa pemrograman, tidak diragukan lagi bahwa forum tersebut berisi orang- orang yang mahir dan sangat terbuka untuk menjawab berbagai pertanyaan yang anda ajukan di forum.


Latih dan asah

Semua hal tidak tercipta begitu saja dan untuk mencapai tingkat mahir, maka siapapun harus berusaha dengan sungguh- sungguh. Akan menjadi hal yang percuma jika anda mengetahui konsep, namun anda tidak melatih dan menguji kemampuan pemrograman anda secara langsung. Cara terbaik adalah cobalah untuk menyelesaikan studi kasus dimulai dari tahap yang paling sederhana dan latih kemampuan bahasa pemrograman anda sampai anda rasa bisa. Jangan langsung puas, anda pun harus tetap mengasah kemampuan tersebut untuk membiasakan diri dalam memecahkan masalah atau menangani banyak hal untuk kasus program yang terjadi.

Tips yang simpel sehingga anda hanya perlu untuk mencobanya sekarang juga. Siapapun tidak akan langsung mahir dalam hal pemrograman, melainkan perlu melalui proses pembelajaran dan lakukan sekarang juga, tidak perlu menunggu nanti atau waktu yang tepat. Waktu yang paling tepat adalah saat ini. Atau anda bisa mengikuti tulisan kang Eriga S Al-Mansur di blog ini tentang Belajar Bahasa Pemrograman PHP.