Belum lama sekitaran dua hari dari tanggal saya menulis artikel ini, saya lupa Key Alias pada keystore ketika saya akan menggenerate project android yang baru saya perbaiki beberapa bug.

Keystore ibarat KTP digital yang dapat mengidentifikasi siapa pemilik dari aplikasi yang ada di play store, jika keystore hilang atau key alias maupun key password lupa maka kejadian kebingungan seperti saya beberapa hari yang lalu akan terjadi. Akibatnya saya tidak bisa segera update aplikasi yang ada di play store sesaat aplikasi yang saya kembangkan beres perbaikan bugnya. Karena keystore nya harus sama ketika akan melakukan update project aplikasi ke play store.

Tapi, di pengalaman saya ini, saya hanya lupa key alias sedangkan key password dan file keystore nya aman. Akan tetapi ketika akan melalukan build ke apk kita diminta keystore beserta dengan key alias dan key password. Jika salah satunya saja tidak ada, maka build tidak akan bisa dilakukan.

Saran

Agar tidak lupa key password dan key aliasnya baiknya disimpan dalam bentuk catatan lengkap disatu folderkan dengan file project dan file keystore.

Bagaimana Tips Mengetahui Key Alias Pada Keystore ?

Tulisan ini akan membantu ketika lupa key alias, ketika akan menggenerate aplikasi android.

Salah satunya caranya dengan menggunakan keytool bawaan JDK jika komputer nya sudah di install JDK, keytool ini bisa digunakan di CMD :

Kalo di komputer yang saya gunakan lokasi directory keytool ada disini
C:\Program Files\Java\jre1.8.0_202\bin

Langkah-langkahnya

  • Buka cmd dengan kombinasi tombol Windows+R lanjut dengan megnetikan cmd, maka nanti akan muncul seperti dibawah :
  • Lalu masuk ke directoiry keytool, karena di awal ketika menjalankan CMD itu secara default masuk ke directory C, caranya masukan perintah cd [isikan directory keytoolnya] , sebagai contoh cd C:\Program Files\Java\jre1.8.0_202\bin perhatikan dibawah ini :
ini hasilnya setelah masuk ke directory C:\Program Files\Java\jre1.8.0_202\bin
  • Disana kita masukan perintah keytool -list -v keystore¬†lokasi_file_keystore_anda, misalnya saja keytool -list -v -keystore “E:\Final MGI TV\Final Apps Version 1\Key Store\key_mgi.jks”

Note

Biasanya nanti akan di minta password keystorenya, nah tinggal masukan password keystore nya, jika benar semua isi dari keystore tersebut akan muncul termasuk Alias, perhatikan pada Alias name maka itu adalah key alias.
Perhatikan yang dilingkari merah, itu adalah Key Alias

Bagaimana ? Cukup jelas ? jika mau ada yang ditanyakan disilahkan ketik di kolom komentar.