Tulisan ini bisa dibilang terusan dari tulisan tentang Google mendapatkan data pribadi kita dan menjawab berbagai pertanyaan masuk ke email tentang bagaimana tips menjaga keamanan data di internet.

Apa anda merasa khawatir jika ada orang lain yang menyalahkan penggunaan data pribadi anda di internet ? Jawaban nya sejauh ini saya dapatkan rata-rata merasa khawatir, kenapa ? karena jika anda tidak berhati-hati data pribadi anda bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Misalnya data diri anda, masa lalu, rahasia yang bersifat pribadi, bahkan riwayat penyakit anda bisa jatuh ke tangan yang salah, apa yang perlu dilakukan ? Anda bisa melakukan tips menjaga keamanan data di internet yang akan saya paparkan dibawah ini :

Install Software Update

Ini merupakan tips pertama menurut para security expert, fungsi dari software update bukan hanya menambahkan sebuah fitur baru melainkan agar anda bisa terlindungi dari celah keamanan yang baru saja ditemukan.

Pastikan Situs Beralamat HTTPS

Situs dengan memiliki https memastikan anda berkomunikasi dengan server yang terenkripsi, hacker masih bisa menguping aktivitas anda, tapi dia tidak akan bisa mengerti konten yang anda kirimkan ke server tersebut.

Atur Privasi

Anda bisa membatasi akses atau menyembunyikan informasi pribadi anda, misalnya informasi tentang alamat rumah, email, nomor handphone dan detail dari aktivitas anda, tentu anda tidak mau jika informasi tersebut jatuh ke tangan yang salah ?

Gunakan Password Manager

Anda bisa menggunakan password manager, misalnya password manager seperti 1Password dan Dashlane yang secara otomatis membuat password aman, kuat dan acak untuk berbagai akun anda, anda hanya cukup mengingat password/sandi kuat untuk satu password manager.

Aktifkan Virtual Private Network

VPN bisa membantu anda menyembunyikan identitas asli dari perangkat komputer yang anda gunakan, dengan begitu orang lain tidak bisa melacak dan mencuri data pribadi anda.

Batasi Penggunaan Wi-Fi Public

Didalam jaringan yang bersifat umum password atau segala aktivitas anda rentan untuk diretas, sebaiknya anda menggunakan Wi-Fi pribadi yang lebih aman.

Apakah ada tips menajaga keamanan data di internet yang lain ? silahkan komentar dibawah !