Build variant adalah salah satu fitur yang ada di android studio dan fitur ini sangat bermanfaat sekali. Saya baru beberapa kali sih menggunakan fitur ini tapi sangat bermanfaat.

Awalnya ketika teman saya merasa risih karena saya membuild apk lalu di install ke smartphone dan ternyata masih ada error yang ketika dalam versi debug errornya tidak muncul. waktu itu force close. Lalu saya coba cek code nya lalu build ulang, install ulang lagi , lalu ada masalah lagi. Terus – terusan seperti itu. Disana teman berkata seperti ini :

Tips

Dari pada kamu mengalami error yang sama ketika di build ke versi release, lebih baik jangan di export kedalam apk release dulu lalu di pindahkan ke smartphone dan install, menurutku itu sangat ribet, lebih baik aplikasi setting ke versi release dengan fitur build variant tanpa harus mengexport ke apk tapi langsung di running ke smartphone untuk percobaan running denga versi release, sehingga ketika mau di build ke apk release yang siap di upload ke Play Store aplikasi memang telah benar-benar siap.

Yah, itu adalah salah satu fitur dari build variant jadi ketika kita menguji coba aplikasi versi debug selesai, selanjutnya kita uji coba dengan versi release tanpa harus menggenerate project menjadi aplikasi dan menginstallnya. Dengan begitu anda bisa langsung running aplikasi dengan 2 versi sekaligus, debug dan release. Terus, bagaimana cara setting project ke build variant ? Sebenarnya simple,oh iya saya anggap anda sudah membuka project androidnya ya lalu perhatikan langkah-langkahnya dibawah :

  • Langkah pertama, hubungkan smartphone anda ke Android Studio dengan menggunakan kabel data (saya menganggap smartphone anda sudah terhubung dengan android studio)
  • Kedua, Klik menu build posisinya berada di antara refactor dan run lalu klik select build variant, perhatikan dibawah :

Catatan

jika select build variant tidak muncul coba clean project terlebih dahulu lalu rebuild project, biasanya setelah itu select build variant akan muncul.
  • Ketiga, klik bagian combo box Active build Variant yang biasanya secara default adalah debug ganti menjadi release, lihat detail dibawah :
  • Selanjutnya tinggal di Run atau dengan tombol kombinasi Shift+F10.

Saya rasa cukup gampang, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar.