Tools Untuk Membangun Aplikasi Android
android

Tools Untuk Membangun Aplikasi Android

Berawal ketika saya membuat sebuah postingan tentang proses saya mengerjakan aplikasi untuk MGI TV yaitu MGI TV Official yang sudah lounching di Play Store untuk versi percobaannya(sekarang sedang proses penyempurnaan, Insya Allah dalam waktu dekat akan segera lounching juga). Di postingan tersebut banyak yang bertanya mengenai aplikasi apa yang saya gunakan dalam membuat aplikasi untuk platform android.

Pembahasan tentang membuat aplikasi untuk smartphone bersistem operasi android pernah dibahas sebelumnya yang ditulis oleh teman saya Disza Jatnika berikut artikelnya Hal yang harus dipersiapkan dalam membuat aplikasi android, disana dibahas aplikasi yang beliau gunakan untuk membangun aplikasi android serta kebutuhan hardware yang harus terpenuhi agar proses pengembangan berjalan lancar.

Untuk tulisan saya ini, saya membahas aplikasi apa yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi android termasuk yang saya pernah gunakan dan saya gunakan sampai saat ini.

Xamarin Studio

Xamarin studio bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis android, iOS dan Windows Phone. Software ini dikembangkan oleh perusahaan software asal San Fransisco, California. Xamarin sendiri memiliki dua IDE yang terintegrasi dengan Microsoft Visual Studio dan Xamarin Studio.

Saya pernah menggunakan software ini ketika awal pertama saya membuat aplikasi MGI TV Official, tapi akhirnya saya pindah ke Android Studio karena beberapa faktor, salah satunya karena aplikasi xamarin studio berbayar sedangkan android studio gratis hehe.

App Inventor

App Inventor ini awalnya dikembangkan oleh Google tapi sekarang dikelola oleh MIT ( Massachusetts Institute of Technology ). Dengan app inventor ini kita bisa membangun aplikasi android sesuai keinginan, cara kerja dari aplikasi ini menggunakan antarmuka grafis untuk pengkodingan, jadi kita tidak perlu menulis kode berbaris-baris tapi hanya cukup menyampungkan block programming yang berisi simbol-simbol perintah serta fungsi event handler tertentu, tapi tetap memerlukan algoritma dan logic programming.

Saya mengenal app inventor ketika masa-masa kuliah D1, ketika itu ada sebuah tugas mingguan tentang pengembangan aplikasi mobile dan saya disarankan oleh teman asal kalimantan untuk mengerjakan tugas dengan app inventor karena tidak memerlukan koding yang rumit. App Inventor sangat cocok untuk yang sedang belajar pengembangan aplikasi android.

Eclipse

Aplikasi eclipse adalah salah satu IDE yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Java, tapi bisa juga digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemrograman lainnya dengan menggunkan plugin. Saya pernah berlatih pemrograman dengan macam bahasa dengan aplikasi ini salah satunya java, C++ dan PHP.

Selain itu aplikasi ini bisa dugunakan juga untuk mengembangkan aplikasi untuk platform android, untuk bisa mengembangkannya memerlukan tools tambahan seperti java ADT. Java ADT ini adalah tools dari Google yang dirancang untuk aplikasi Eclipse. Awal saya mengetahui bahwa eclipse bisa mengembangkan android karena ketika itu android studio terlalu berat di laptop saya jadi saya mencari aplikasi alternatif lain yang ringan di laptop saya.

Android Studio

Berikutnya adalah android studio, saat ini android studio adalah IDE untuk mengembangkan aplikasi android yang resmi dikeluarkan Google, sebelum android studio google menjadikan eclipse sebagai IDE resminya tapi ketika Google meresmikan Android Studio maka Google berpaling dari Eclipse, semua dukungan kepada eclipse dicabut oleh google dan hanya tersedia di Andoroid Studio.

Dari sekian tools untuk mengembangkan aplikasi android saya sampai saat ini menggunakan android studio karena beberapa alasan pertama android studio adalah IDE resmi google yang dimana platform android saat ini dimiliki Google,Android studio juga memiliki banyak fitur yang memudahkan saya dalam mengembangkan aplikasi android terutama programmer level dasar seperti saya. meskipun saya harus menyiapkan komputer yang gahar agar bisa menjalankan android studio. Tapi fitur yang bisa membantu saya mengembangkan aplikasi membuat saya semangat untuk updgrade komputer. Salah satu aplikasi yang sedang proses pengembangan adalah aplikasi MGI TV Official yang sudah tersedia di Play Store, aplikasi tersebut saya kembangkan dengan Android Studio.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.