Framework apapun itu tentu saja memiliki aturan penulisan tertentu termasuk framework Vue.js yang diharuskan diikuti aturan penulisan nya oleh para pengguna Vue.js tersebut. Jika masih belum tau mengapa saat ini Vue.js begitu cepat populer, anda bisa membaca tulisan sebelumnya tentang alasan kenapa vue.js menjadi begitu menarik dan ketika anda belajar vue.js secara bertahap anda memerlukan persiapan peralatan yang digunakan, saran saya segera persiapkan.

Untuk menggunakan vue.js, ada beberapa aturan tutorial dasar framework dalam vue,js yang perlu anda ketahui mulai dari bagaimana cara installasi vue.js , cara penulisannya,  diletakan dimana scriptnya, dimana meletakan vue.js dan bagaimana formatnya.

Langkah Awal Adalah Persiapan

Untuk bisa membuat sebuah aplikasi berbasiskan framework yang akan saya dokumentasikan di website ini, anda membutuhkan beberapa file dibawah ini :

  • File Vue.min.js , file ini meruapakan tulang punggung dan inti dari program , tanpa file ini proses pembuatan aplikasi tidak akan berjalan dengan baik. File ini bisa anda dapatkan dengan cara mendownloadnya, untuk cara mendownloadnya saya sudah menjelaskan di artikel tentang Cara Installasi Vue.js.
  • File index.html , file ini berfungsi sebagai view atau tampilan, file ini yang akan menjadi antarmuka di browser user, terus, kenapa nama file nya harus index.html ? karena dengan nama ini akan secara default dijalankan oleh web server (tapi saya tidak akan membahas tentang ini, insya allah akan saya bahas ditulisan terpisah). Akan tetapi jika anda memang kurang suka dengan nama index.html, anda bisa mengubahnya tentu tetap menggunakan “.html” di akhir dari nama file tersebut, misalnya saja aplikasi.html, program.html, eriga.html atau nama yang lainnya, gunakan nama kesukaan anda.
  • File Apps.js dengan file ini anda bisa menempatkan kode-kode JavaScript berbasis Vue.js.
  • Yang terakhir adalah sebuah Folder yang merupakan tempat dari ketiga file yang saya sebutkan sebelumnya, dengan folder ini anda bisa menyimpan file vue.min.js,index.html dan Apps.js, nama dari foldernya bisa disesuaikan dengan nama kesukaan anda, misalnya latihan atau apapun itu.

Sementara itu dulu pembahasan tentang tutorial dasar framework vue.js, kita pelajari sedikit demi sedikit, di tulisan berikutnya saya akan membahas tentang tahapan membuat aplikasi dengan menggunakan framework Vue.js.